Home Ekonomi Optimisme BEI menjadi Bursa Terdepan

Optimisme BEI menjadi Bursa Terdepan

KORDANEWS – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus tumbuh seiring dengan inisiatif tidak henti yang dilakukan mulai dari pengembangan profesional pasar modal, kerangka penguatan infrastruktur pasar seperti inisiasi peningkatan fasilitas perdagangan sampai dengan kerja sama internasional.

Mengacu pada hasil-hasil mengesankan yang berhasil diraih di 2016, jajaran Komisaris dan Direksi optimis memandang potensi di 2017 serta kelanjutan langkah menjadi bursa yang terdepan di kawasan ASEAN sesuai arah yang tertuang dalam Master Plan BEI 2016-2020.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BEI untuk tahun buku 2016, mengatakan Master Plan BEI 2016-2020 memproyeksikan BEI menjadi bursa efek terkemuka di Asia Tenggara mulai tahun 2020.

“Untuk itu, Manajemen tetap berfokus pada empat pilar utama pengembangan ke depan, yaitu penambahan jumlah investor aktif, peningkatan jumlah perusahaan tercatat, penguatan Anggota Bursa, dan penguatan ketahanan industri Pasar Modal Indonesia,” katanya.

Dalam hal area penambahan jumlah investor aktif, Direksi BEI melaporkan hingga akhir tahun 2016, terdapat 187.268 investor yang aktif bertransaksi dalam tahun 2016. Angka ini meningkat 21,3% dari tahun sebelumnya. Jumlah investor aktif di 2016 mencerminkan 35% dari total investor sebanyak 535.994 investor yang terdaftar Single Investor Identification (SID).

Jumlah ini meningkat 23,47% dari jumlah SID pada akhir tahun 2015 yang mencerminkan upaya BEI yang tiada henti dalam usahanya terus menambah jumlah investor perorangan (ritel) di Pasar Modal Indonesia.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here