Cegah Penyalahgunaan, KP2KP Sosialisasi KSWP

11757 Views

KORDANEWS– Kantor Pelayanan Penyuluhuan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Muara Enim akan segera mensosialisasikan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) masyarakat.

Kepala KP2KP Muara Enim, Sarce Jeffrikson mengatakan, program KSWP merupakan pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2015 serta Permendagri Nomor 112 Tahun 2016 tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak Dalam Pemberian Layanan Publik Tertentu di Lingkungan Pemerintah Daerah.

“Proses konfirmasi dilakukan melalui sistem KSWP yang dapat diakses secara online oleh petugas di Kantor Perizinan Terpadu di seluruh Indonesia melalui internet. Kewajiban melaksanakan konfirmasi ini juga berlaku dalam ruang lingkup proses perizinan yang dikeluarkan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia” terangnya kepada Kordanews melalui pesan singkatnya, Sabtu (24/6).

Sarce melanjutkan, pemberian layanan publik tertentu sedikitnya terdiri dari layanan izin usaha perdagangan, izin usaha hiburan, IMB, restoran, izin tempat penjualan minuman beralkohol, izin gangguan, izin trayek, izin usaha perikanan dan izin mempekerjakan tenaga kerja asing.

“KSWP dilakukan secara online pada saat berkas diterima di loket perizinan oleh setiap Instansi pemerintah dalam hal ini Kantor Dinas Perizinan Provinsi atau Kabupaten/Kota melalui aplikasi yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak” papar Sarce.

Dia menambahkan, dengan proses tersebut akan menghasilkan keterangan status valid dan tidak valid oleh petugas.
“Jangka waktu penyelesaian permohonan keterangan status wajib pajak ialah paling lama satu hari kerja setelah berkas diterima secara lengkap” tutup Sarce.(Ari)

Editor: Janu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: