Home Ekonomi Mensos Tegur Pemda yang Lambat Salurkan Rastra

Mensos Tegur Pemda yang Lambat Salurkan Rastra

KORDANEWS – Pencairan beras sejahtera yang dinantikan masyarakat guna menghadapi lebaran, Alhamdulillah bisa berjalan sesuai rencana pemerintah diseluruh kabupaten/kota di Indonesia. Masyarakat sangat bersyukur pemerintah memalui bulog telah mencairkan rastra tepat 3 minggu sebelum lebaran.

Data Kementrian Sosial dan Bulog menyebutkan bahwa penyaluran beras sejahtera secara nasional sudah mencapai 81% atau sebesar 1.041 juta ton beras secara nasional hingga Juni. Sedangkan untuk bulan juni sudah mencapai 40,7% . Sejumlah propinsi penyaluran rastra sudah mencapai 100% seperti Sulawesi Utara, Kalimantan Tengah dan DIY.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menjelaskan sebagian besar daerah telah menyalurkan rastra di atas 70%. Untuk daerah yang penyaluran rastranya belum mencapai 70%, Khofifah meminta agar pemda mempercepat penerbitan surat perintah alokasi rastra ke Bulog agar keluarga penerima manfaat bisa tenang dan bisa menekan laju inflasi.

“Tercatat sejumlah daerah seperti NTT, Riau, Banten, Kaltim dan Jambi serapan rastranya masih di bawah 70%. Untuk itu, surat perintah alokasi dari bupati walikota segera diturunkan. Pastikan agar seluruh keluarga penerima manfaat beras siap sudah di rumah,” kata Khofifah.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here