Tips Berkendara Saat Terjebak Macet Arus Balik Lebaran

27671 Views
Macet saat berkendara (foto ist)

KORDANEWS – Macet sudah hal yang pasti terjadi saat Anda membawa kendaraan pribadi untuk mudik atau kembali ke rumah. Saat terjebak macet, tubuh pastinya akan cepat merasa lelah. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar mencari kegiatan agar kondisi tetap prima.

Ada baiknya bagi Anda yang menyetir untuk mempersiapkan diri sebelum mengemudi kendaraan. Jangan langsung berangkat begitu saja. Hal ini berguna untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

Persiapan ini sebenarnya tidak bisa dilakukan dengan instan. Menurut dr Michael Triangto, SpKO, dokter spesialis keolahragaan,dilansir dari Okezone.  Anda harus menjaga kondisi tubuh jauh-jauh hari sebelum mudik ataupun saat kembali ke rumah.

Untuk menjaga kondisi fisik, Anda bisa berolahraga seperti jogging dan jalan cepat. Kedua aktivitas itu bisa membuat nilai kardio menjadi lebih bagus. Sehingga tingkat kesehatan sudah dijaga secara baik dan bertahap sebelum Anda menyetir. Jika Anda merasa mau sakit, Anda juga harus langsung minum obat agar tidak sakit saat mengemudi.

Lalu, hal lain apa yang harus Anda lakukan ketika mengemudi? Simak tips yang diberikan oleh dr Michael berikut ini.

  1. Jangan merokok

Banyak orang yang menghabiskan waktu saat terkena macet dengan merokok. Padahal, merokok saat macet bisa mengganggu kesehatan. Bagi Anda yang membawa mobil, merokok saat macet bisa membuat kornea mata Anda kering karena mobil adalah ruangan yang tertutup dan kecil.

Hal itu membuat asap rokok bertahan lebih lama di dalam mobil. Asap rokok yang membuat kornea mata menjadi kering tentunya berbahaya karena bisa mengganggu penglihatan saat menyetir. Jika sudah begitu, resiko Anda mengalami kecelakaan menjadi lebih besar.

  1. Istirahat selama 2 jam sekali

Waktu ideal Anda untuk menyetir adalah dua jam. Jangan memaksakan diri untuk tetap menyetir hanya karena ingin cepat sampai di tempat tujuan. Anda bisa menepi di tempat peristirahatan yang telah disediakan paling tidak setengah jam. Waktu itu bisa anda gunakan untuk minum, ke kamar kecil, dan peregangan. Bahkan jika perlu Anda bisa tidur sebentar untuk meluruskan tubuh.

Jangan paksakan diri Anda untuk kuat hanya dengan minum-minuman energi. Minum-minuman berenergi seperti kopi boleh Anda konsumsi tapi hanya untuk stimulan sementara. Sebab apabila Anda lelah dan dipaksa kuat dengan minuman berenergi, setelahnya Anda bisa merasa lebih lelah lagi.

  1. Lakukan peregangan

Jangan lupa untuk menyempatkan waktu melakukan kegiatan peregangan, terlebih ketika terjebak macet. Anda bisa melakukan stretching ringan untuk menggerakkan badan dengan menggunakan setir dan handle pintu yang berfungsi menahan beban tubuh. Jika terjebak macet dalam waktu yang lumayan lama, Anda bisa keluar sebentar dari kendaraan dan mengelilingi kendaraan beberapa putaran untuk memperlancar aliran darah.

  1. Cari supir pengganti

Jika Anda tetap berkeinginan kuat untuk cepat sampai tanpa banyak beristirahat, Anda bisa mencari supir pengganti. Menurut dr Michael, Anda bisa menyetir dengan waktu maksimal 3 jam. Lebih dari itu, tidak baik untuk kondisi tubuh Anda. Lalu, jika ingin lebih aman, Anda bisa mulai mengemudi pagi atau siang hari. Hindari jalan malam untuk memperkecil kejadian yang tidak diinginkan.

 

 

Editor: Yokhe Odank

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: