Home Headline Menteri ESDM Soroti Serius Tambang Ilegal di Muara Enim

Menteri ESDM Soroti Serius Tambang Ilegal di Muara Enim

KORDANEWS – Maraknya tambang ilegal yang bertebaran di kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan kini menjadi sorotan menteri ESDM RI Ignasius Jonan. Sebab, selama ini belum sama sekali ada laporan ke pemerintah pusat mengenai banyaknya tambang tambang batubara ilegal yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Bukan saja merugikan, kegiatan penambangan ilegal ini sangat membahayakan lingkungan. Namun, kegiatan tambang ilega di bumi Serasan Sekundang masih marak terjadi.

Terkait hal tersebut, Menteri ESDM, Ignasius Jonan menegaskan yang harusnya bisa menindak adalah pemerintah setempat.
“Kan ada Bupati, Kapolres, Dandim. Seharusnya itu yang menindak” ujarnya.

Meskipun diketahui sudah ada tindakan yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Namun, penindakan hanya berhenti sesaat dan kemudian kembali berlanjut. Kalau sudah ditindak dan ditegur oleh Bupati, Polres maupun Dandim masih saja ada, seharusnya pihak yang lebih tinggi lagi.

“Gubernur yang bergerak, Tapi Gubernur juga tidak pernah ada laporan ke kita,” ujar Jonan saat peninjauan lokasi PLTU Sumsel 8 yang berkapasitas 2×6200 MW di, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Tanjung Agung, Kamis (06/07/2017).

Disamping itu, dilihat dari kerugian negara atas tindakan penambangan ilegal yang dilakukan oleh oknum ini tidak terlalu besar. Kalau masalah royalti yang diterima negara kan tidak besar. Penambangan yang dilakukan bukan seperti yang dilakukan oleh PTBA yang resmi. Namun, kerusakan alam yang harusnya menjadi perhatian.

“Kerusakan alam dan lingkungan sekitar akibat penambangan yang ditimbulkan harusnya kita khawatirkan, bukan sekarang tetapi kedepan,” tutupnya.(Ari)

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here