Home Ekonomi RI Barter Hasil Kebun dengan Jet Tempur Sukhoi Su-35

RI Barter Hasil Kebun dengan Jet Tempur Sukhoi Su-35

KORDANEWS – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyambut baik adanya rencana barter hasil perkebunan Indonesia dengan 11 pesawat Sukhoi Su-35. Menurut Gatot, pesawat tempur tersebut memang diminta oleh pihaknya untuk memperkuat alutsista (alat utama sistem senjata).

“Ya sangat bagus dong (rencana barter Sukhoi),” ujar Gatot di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (11/8).

“TNI hanya mengajukan spek saja. Minta Sukhoi 35 lengkap dengan persenjataannya,” lanjut Gatot.

Menurut Gatot, Sukhoi Su-35 dipilih karena pesawat tersebut adalah salah satu yang terbaik. Selain itu, Sukhoi Su-35 juga sudah diujicoba untuk perang. Sehingga TNI tidak ragu lagi untuk mengajukan pembeli pesawat tersebut sebanyak 11 unit.

“Kita enggak ragu-ragu. Jangan kita membeli hal-hal yang belum pernah diujicoba dan kita yang ujicoba,” tutupnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) merilis berita soal hasil kunjungan kerja Enggar ke ke Rusia 3-5 Agustus 2017. Dalam rilis Kemendag disebutkan pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-35 itu untuk mengganti armada F-5 Indonesia yang sudah usang.

Dalam keterangan Kemendag tersebut, Enggar bilang imbal dagang bisa saling menguntungkan Indonesia dan Rusia.

“Imbal dagang di bawah supervisi kedua pemerintah ini diharapkan dapat segera direalisasikan melalui pertukaran sebelas Sukhoi SU-35 dengan sejumlah produk ekspor Indonesia, mulai dari kopi, teh, minyak sawit, dan produk-produk industri strategis pertahanan,” jelas Enggar.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here