Home Ekonomi UMKM Kunci Penciptaan Sumber Ekonomi Baru Indonesia

UMKM Kunci Penciptaan Sumber Ekonomi Baru Indonesia

KORDANEWS – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kunci penciptaan sumber ekonomi baru di Indonesia. Potensi yang dimiliki UMKM pun dapat mendukung penyerapan tenaga kerja khususnya perempuan, meningkatkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia sekaligus menjaga kelestarian citra budaya daerah. Untuk itu, pengembangan UMKM membutuhkan komitmen dan dukungan seluruh pihak terkait.

Karya Kreatif Indonesia merupakan pameran kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia dari berbagai pelosok Indonesia. Pameran diharapkan dapat memperkenalkan masyarakat kepada karya-karya anak bangsa yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri serta memiliki nilai budaya tinggi. Pada penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia kali ini, diadakan pula kegiatan interaktif dan edukatif untuk masyarakat luas dan UMKM melalui rangkaian workshop, talkshow, klinik UMKM, dan business matching. Acara juga menampilkan peragaan karya UMKM yang berkolaborasi dengan desainer nasional. Salah satunya adalah adibusana kain tenun Sumba produk UMKM binaan Bank Indonesia yang diolah oleh desainer ternama Indonesia Biyan Wanaatmadja.

Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo, menekankan peran penting UMKM bagi perekonomian Indonesia. Dengan sumbangan yang besar kepada Produk Domestik Bruto, penyerapan tenaga kerja dan ekspor, UMKM selalu menjadi prioritas bagi berbagai kementerian, lembaga dan pihak-pihak terkait lainnya.UMKM pun dipercaya memiliki ketahanan ekonomi atau resiliensi yang tinggi, sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan stabilitas perekonomian. Untuk itulah, Bank Indonesia terus mendukung upaya Pemerintah dalam pengembangan UMKM.

EDITOR : AWAN

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here