Home Uncategorized Ayo, Buang Rasa Ngantuk di Siang Hari

Ayo, Buang Rasa Ngantuk di Siang Hari

Pernah merasakan ngantuk di siang hari ? Hal ini akan membuat aktivitas sehari-hari bisa jadi terbengkalai. Untuk menghindari hal tersebut ada beberapa cara bisa dilakukan. Laman sehatsangat memberikan beberapa tips melalui gerakan-gerakan tertentu. Berikut Caranya :

1. Duduk tertelungkup
Duduklah dengan nyaman di kursi anda dalam posisi duduk yang ideal. kemudian bungkukkan badan Anda, tundukkan kepala Anda ke bawah sampai posisinya berada diantara dua kaki. Biarkan kedua tangan Anda menggantung tanpa ada penyangga. tahan selama 20 detik, lalu kembalilah ke posisi semula secara perlahan. Umumnya sekali anda melakukan ini, rasa kantuk akan segera hilang. Namun jika perlu lakukan beberapa kali. Hal ini akan membuat peredaran dara tubuh anda menjadi lancar kembali. Dengan mengalirnya sirkulasi oksigen secara lancar. Rasa kantuk akan segera enyah dari mata anda.

2. Cubit Pipi
Bekerja di kantor akan memaksa mata anda bekerja terus-terusan. Memelototi komputer selama berjam-jam tentu membuat mata lelah dan wajah menjadi tegang. Karena kelelahan, mata biasanya segera mengalami rasa kantuk. Untuk mengatasinya bisa anda coba gerakan mencubit pipi. Bukan karena gemes tapi agar wajah anda rileks dan kembali dalam keadaan kesadaran penuh. Cubitlah pipi Anda beberapa kali. Barengi dengan memijat seluruh area wajah Anda. Dengan begitu aliran darah di wajah Anda akan lancar. Hal ini akan membuat wajah Anda terasa lebih segar. Sehingga rasa kantuk segera bisa anda usir.

3. Gerakan memutar-mutar leher
Gerakan ini mirip sekali dengan gerakan peregangan saat kita hendak melakukan olahraga. Namun memang fungsi gerakan ini adalah untuk meregangan otot-otot yang kaku sehingga bisa kembali reliks. Hal ini juga akan membuat anda terus terjaga karena otot-otot dan syaraf di sekitar leher akan mengalami kondisi kondisi santai. Putar leher anda 360 derajat beberapa kali ke kanan lalu ke kiri dalam jumlah yang sama. jangan kenutup mata karena akan membuat kepala anda pusing.

4. Tersenyum lebar-lebar
Ini bukan berarti anda disuruh tersenyum terus sepanjang waktu. Anda hanya perlu mengaktifkan otot-otot bibir, pipi dan mata anda untuk melakukan gerakan ini. Pertama, pelototkan mata anda selama 10 detik, Kemudian tersenyumlah selebar-lebarnya sehingga otot pipi anda terasa tertarik. Lalu pejamkan seketika mata anda yang melotot itu sekuat-kuatnya. Niscaya setelah itu anda akan segera bisa mengusir rasa kantuk yang menyerang anda.

Itulah beberapa gerakan sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengusir rasa kantuk yang sering datang setiap siang. Namun ingat, kantuk adalah mekanisme alami tubuh. Ia memberitahu bahwa anda sedang mengalami kelelahan. Jadi jalan terbaik menghilangkan lelah adalah istirahat. Jalan terbaik mengusir kantuk adalah tidur. Gunakan tips ini sebagai jalan terakhir kalau memang anda benar-benar butuh terus terjaga dan belum bisa segera istirahat.

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here