SKK Migas : Ada Ratusan Titik Sumur Minyak Ilegal di Sumsel

11639 Views

KORDANEWS – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Sumbagsel mencatat, sedikitnya ada sekitar 950 titik sumur minyak yang dieksplorasi secara ilegal di wilayah Sumatera Selatan.

Staf Senior Operasi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Haswanto Jaya mengatakan, salah satu tindak kejahatan migas yang banyak ditemukan di Sumsel yakni penambangan minyak bumi yang dilakukan oleh individu/sekelompok orang tanpa izin, dengan cara membuka kembali sumur lama/sumur tua atau yang lebih dikenal dengan istilah illegal drilling.

“Dari jumlah sumur illegal tersebut, diketahui saat ini ada sekitra 290 titik penyulingan minyak illegal yang masih beroperasi,” kata dia, Selasa (5/9)

Dari wilayah kerja SKK Migas Sumbagsel yang membawahi lima provinsi, kasus seperti ini sekitar 76 persen-nya terjadi di Sumsel.

“Hampir semuanya ditemukan di wilayah Muba, kemudian baru diikuti di daerh Muratara, Banyuasin, dan Ogan Ilir,” katanya.

Haswanto menambahkan, berdasarkan temuan pihaknya, saat ini rata-rata sekitar 2.000-3.000 bael minyak mentah illegal keluar dari Muba untuk diperdagangkan kembali ke sejumlah wilayah diluar Sumsel.

“Selain dari mengeksplorasi sumur tua, kegiatan ini juga biasanya dilakukan dengan menguasai sumur minyak KKKS dengan dalih berada diatas lahan mereka, atau dengan melakukan pengeboran minyak sendiri di atas tanah/kebun milik pribadi, perkebunan swasta, kawasan hutan tanpa memiliki izin dari pemerintah,” katanya.

Adapun dampak atau kerugian yang dapat diakibatkan dari aktivitas illegal tersebut tidak hanya soal materi, tapi juga dapat menyebabkan korban jiwa karena kurangnya fasilitas keamanan di lokasi tersebut. Selain itu, berpotensi besar akan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: