BNI Antisipasi Transaksi Gesek Ganda Kartu Kredit


KORDANEWS – Sejumlah perbankan di Sumatra Selatan memastikan telah mengantisipasi risiko penyalahgunaan data nasabah melalui penggesekan ganda (double swipe) kartu selain mesin EDC di merchant yang bekerja sama dengan perbankan.

 

Pemimpin Konsumer Banking BNI Kanwil Palembang, AA Gede Putra, mengatakan pihaknya selalu mengimbau kepada merchant untuk tidak melakukan tindakan yang tidak diizinkan oleh lembaga keuangan, baik itu Bank Indonesia (BI) maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

“Tindakan yang tidak diizinkan termasuk menggunakan mesin EDC untuk penyalahgunaan data nasabah dengan tujuan transaksi kembali. Ketika pemasangan mesin EDC ke merchant selalu kami edukasi termasuk peraturan BI terkait penggunaan data nasabah,” katanya, Rabu (6/9).

 

Menurutnya, sejauh ini pihaknya belum pernah mendapat laporan terkait pencurian data nasabah melalui transaksi nontunai di merchant. Selain itu, perseroan juga cukup selektif memilih merchant untuk diberikan mesin EDC, hanya kepada merchant yang memenuhi izin dari otoritas.

 

“Ketika penggunaannya pun ada proses belajar kepada merchant bagaimana swipe (menggesek)  kartu nasabah,” katanya.

 

 

 

Editor : mahardika

 

No related post!

Tinggalkan pesan