Home Sumsel Cegah Jalan Amblas, Hutama Karya Pakai Metode Cermaton

Cegah Jalan Amblas, Hutama Karya Pakai Metode Cermaton

KORDANEWS – Agar tidak terjadi lagi penurunan jalan atau amblasnya ruas jalan di Tol Palembang-Indralaya (Palindra), direncanakan pihak Hutama Karya akan menggunakan metode baru demi mencegah terjadi lagi amblasnya di ruas jalan Tol Palindra.

Manager Proyek PT Hutama Karya Divisi Jalan Tol Palindra Hasan Turcahyo mengatakan, pihaknya tidak akan menggunakan sistem vakum karena di lokasi tersebut terdapat tiang saluran listrik bertegangan tinggi, melainkan menggunakan metode cermaton atau cerucuk matras beton.

“Ini metode baru. Kita tidak ingin insiden jalan amblas kembali terjadi. Sehingga kita upayakan metode baru. Intinya, setelah ruas jalan diceruk (gali), ditanam tiang pancang ukuran kecil, dan kemudian dipasang matras beton barulah ditimbun dengan tanah agar tanah dibawahnya keras,” jelasnya.

Untuk progres Pengerjaan ruas jalan Tol Palindra secara keseluruhan diungkapkan Hasan telah mencapai 64% dan direncanakan akan selesai di akhir bulan ini, tepatnya pada Desember 2017.

“Kita pastikan pengerjaan ruas jalan tol Palembang-Indralaya secara keseluruhan akan selesai pada Desember 2017 mendatang. Namun terkhusus seksi I (Palembang-Pemulutan) sejauh 7 kilometer akan selesai di akhir bulan ini, sehingga siap untuk difungsikan pada September 2017 ini, “ungkapnya.

Dimana pada Seksi I semua  marka jalan telah terpasang, seperti rambu, penerang jalan, dan sebagainya sudah siap untuk dilalui pengguna jalan tol.

“Artinya, apabila diharuskan operasional maka pasca lebaran Idul Adha selesai,  ruas jalan tol di akses tersebut sudah bisa dibuka dan dilewati, “tukasnya. (Ab)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here