Home Sumsel Tingkatkan Pelayanan Catatan Sipil, Kemenpan-RB Bangun Mall Pelayanan Publik

Tingkatkan Pelayanan Catatan Sipil, Kemenpan-RB Bangun Mall Pelayanan Publik

KORDANEWS – Untuk meningkatkan pelayanan publik dalam mengurusi administrasi seperti perpajakan, SKCK, SIM, Surat Nikah dan Paspor. Pemerintah Pusat direncanakan dalam waktu dekat akan membangun Mall Pelayanan Publik yang terintegrasi di Indonesia.

Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Asman Abnur, yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar, saat menjadi narasumber pada Rakornas Forum Sekretaris Daerah seluruh Indonesia di Ballroom Hotel Horison Utlima, Jumat (8/9).

“Sistem pelayanan satu pintu yang terintegrasi dengan teknologi melalui Mall Pelayanan Publik. Peluncuran program ini bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), “katanya.

Untuk pelayanan Publik yang terintegrasi akan membantu memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai urusan seperti perpajakan, surat nikah, SKCK, SIM dan paspor.

“Jadi semua pelayanan terintegrasi di satu gedung mulai dari mengurus SKCK bahkan surat kawin dan lainnya semuanya ada disana. Ini kita resmikan tahun ini di DKI Jakarta, Batam dan Surabaya. Nantinya Mall Pelayanan Publik akan kita jadikan ciri khas pelayanan publik kita dan saya harap Kota Palembang juga ada,”tuturnya.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar sangat menyambut baik dengan terciptanya Mall Pelayanan Publik yang terintegrasi di Sumsel sebagai upaya mempermudah masyrakat dalam jasa pelayanan

“Kita akan segera merealisasikan dan
Pemprov Sumsel juga selalu terus turut serta partisipasi aktif mendukung program Pemerintah dalam penyelenggaraan otonomi daerah melalui pengelolaan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, berintegritas dan berkinerja tinggi dalam melayani masyarakat, “katanya.

Tidak hanya disitu saja, Lanjut Nasrun upaya Pemprov Sumsel untuk terus melakukan berbagai inovasi di daerah juga sebagai bukti nyata komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah yang terus melakukan pengembangan potensi dimana masyrakat dapat terlayani sesuai harapan.

“Pemerintah daerah berupaya semaksimal mungkin untuk berupaya seefektif mungkin, efisien, dan terukur melembaga yang berkelanjutan tentang prospek strategi reformasi birokrasi,” tambahnya (Ab).

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here