Kloter Pertama Haji Dipulang Rabu

12107 Views

KORDANEWS—Dijadwalkan Jama’ah Kloter pertama akan dipulangkan Rabu (13/9) para Jama’ah Haji akan dipulangkan, yang akan akan diberangkatkan dari Jeddah sekitar pukul 04.00 dan sampai ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang diperkirakan pada 17.40.

“Dari bandara, jamaah akan dibawa ke Asrama Haji. Kita juga telah menyiapkan sebanyak 11 bus. Setibanya di Asrama Haji, para jamaah akan dikarantina 2 sampai 3 jam dulu sebelum diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing,” ujar Humas Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel Saefuddin (12/9)

Dijelaskan dia, kegiatan karantina tersebut akan dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk mendeteksi penyakit jamaah atau mendeteksi ada hal-hal yang dibawa di dalam pesawat yang berbahaya.

“Jamaah haji juga dipersilahkan untuk beristirahat untuk satu malam karena masih ada hak, kalau tidak mau silahkan pulang. Tapi harus karantina dulu 2-3 jam memastikan dia tidak bawa penyakit berbahaya,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, tahun ini kepulangan jamaah banyak tiba di Kota Palembang pada dini hari sehingga jamaah dipersilahkan untuk menginap di Asrama Haji. Selain itu, tibanya jamaah pada dini hari sangat dibutuhkan kepaduan panitia dalam menyambut jamaah.

“Meski kebanyakan dari daerah ingin secepatnya pulang. Namun, panitia tidak bisa melakukan dengan cepat karena harus sesuai dengan prosedur, “jelasnya

Lebih lanjut, Jamaah Haji nanti akan mendapatkan jatah lima liter air zam-zam untuk dibawa ke Tanah Air.

“Setiap jamaah haji akan diberikan 5 liter air zam-zam,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua Kloter 1 Embarkasi Palembang H Nafiqurrahman menambahkan, jika ada yang berbuat curang atau menambah mamasukkan air zam-zam ke koper, isinya akan dikeluarkan saat dilakukan pemeriksaan di Arab Saudi sebelum para jamaah kembali ke Tanah Air.

“Ini sudah sesuai ketentuan. Selain itu, juga demi keselamatan penerbangan jamaah dan kelancaran kepulangan jamaah. Karena itu (air zam-zam dalam koper-red) pasti akan terdeteksi melalui proses X-Ray yang ada di gudang,” jelasnya.(Ab)

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: