Lahat Lakukan Cara Ini untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat


KORDANEWS – Desa Tanjung Menang Kecamatan Tanjung Tebat, mendapat penghargaan sebagai “Kampung Keluarga Berencana (KB)” tingkat Kabupaten Lahat tahun 2017. Penetapan Desa Tanjung Menang ini dilakukan dalam acara perencanaan Kampung KB tingkat Kabupaten Lahat sekaligus peringatan Hari Keluarga Nasional (HKN), Selasa (12/9).

Bupati Lahat, H. Aswari Riva’i melalui Plt. Sekda, H. Haryanto berharap, dengan didaulatnya sebagai Kampung KB, Desa Tanjung Menang dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya. Sehingga, kedepan diharapkan akan muncul Kampung KB lainnya, dengan tujuan tidak lain untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat atau yang setara melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Kabupaten Lahat tentang pembangunan berwawasan kependudukan,” sampai Harianto.

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, Waspi memaparkan pembentukan Kampung KB dilakukan dalam rangka penguatan program KKBPK. Dimana, BKKBN diharapkan dapat menyusun suatu kegiatan yang dapat memperkuat upaya pencapaian target atau sasaran yang secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Sehubungan dengan itu, maka untuk menjawab tantangan tersebut digagaslah program Kampung KB,” jelasnya.

Melalui wadah Kampung KB inilah nantinya diharapkan pelaksanaan program KKBPK dan program-program pembangunan lainnya dapat berjalan secara terpadu dan bersamaan.

“Oleh sebab itu Kampung KB ini diharapkan menjadi miniature atau gambaran (potret, red) dari sebuah desa yang didalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis,” urainya.(Hs)

editor : awan

No related post!

Tinggalkan pesan