Jadi Transit Persinggahan, Lahat Waspada Penyakit HIV/AIDS

14720 Views
ist

KORDANEWS- Kabupaten Lahat yang merupakan salah satu wilayah transit atau persinggahan bagi para pengendara dari berbagai daerah rupanya cukup beresiko akan penularan HIV/Aids. Terlebih sejauh ini tidak ada tempat khusus bagi lokalisasi, sehingga Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Kesehatan mengalami cukup kesulitan di dalam memantau penyakit mematikan ini.

“Dalam tahun ini (2017, red) saja, sudah ada empat orang yang meninggal akibat menderita HIV/Aids,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, H. Rosyidi Amri, melalui Kabid Pengendali dan Pemberantasan Penyakit (P2P), H. Ubbidillah, Jumat (15/9)

Pria berkacamata ini bahkan meyakini, ada lebih banyak warga Kabupaten Lahat yang tengah mengidap penyakit ini. Karenanya sebagai upaya antisipasi, pihaknya terus menggalakkan sosialisasi berupa penyuluhan dengan sasaran diantaranya anak-anak sekolah.

“Juga terhadap para Narapidana, serta kalangan-kalangan lainnya yang dinilai berpotensi terjangkit penyakit ini, kerap kami lakukan pemeriksaan darah setiap tahunnya,” beber Ubbaidillah.

Disampaikan Rosyidi, pihaknya tentu akan merahasiakan identitas mereka yang positif terjangkit HIV/Aids. Yang demikian ini dilakukan agar mereka tidak dikucilkan warga sekitar, namun di sisi lain terus memberikan pembinaan agar penyakit yang mereka idap tidak menular.

“Meskipun ada jaminan bahwa identitas mereka bakal dirahasiakan, tapi tetap saja sulit mengajak kalangan yang berpotensi mengidap penyakit itu untuk diperiksa dengan sejumlah alasan,” ujarnya.

Amankah berhubungan seks? Menurut Ubbaidillah, meskipun mengidap penyakit yang belum ada obatnya ini, namun berhubungan seks bisa aman sepanjang pengidap mengenakan alat kontrasepsi.

“Aman kok, selagi menggunakan pengamanan,” imbuhnya. (Hs)

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: