Pertengahan Oktober Masuki Puncak Musim Pancaroba


KORDANEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palembang memprediksi pertengahan Oktober akan terjadi puncak musim pancaroba. Oleh karena itu, masyarakat harus tetap waspada terhadap bencana kebakaran.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Palembang, Agus Sanjaya, mengatakan, saat ini Palembang masih menghadapi akhir musim kemarau. “Kami tetap menghimbau agar masyarakat tetap mewaspadai bencana kebakaran, terutama kebakaran lahan, karena saat ini curah hujannya masih sangat rendah, yakni 50 mm per 10 hari,” katanya.

Namun, dia juga mengingatkan masyarakat pun perlu mempersiapkan kedatangan musim hujan, yang akan datang pada Oktober-November mendatang. “Masyarakat harus mulai membersihkan saluran air dan membenahi atap rumah agar pada saat terjadi musim hujan tidak terjadi kebocoran,” ujarnya.

Sedangkan untuk arah angin, dijelaskan Agus, saat ini arah angin masih berada di Timur Laut, kecepatan angin saat ini masih rendah, di bawah 25 km per jam. “Sedangkan curah hujan saat ini masih berada di angka 50 mm per 10 hari, untuk tanggal 1 sampai 10 September, sedangkan tanggal 11 sampai 20 September peluang hujan masih kecil,” tukas dia.

editor: awan

No related post!

Tinggalkan pesan