Bersinggungan Dengan Fly Over, Steel Box Girder Simpang TAA Belum Dipasang

12458 Views

KORDANEWS – Proses pengangkatan (Lifting) steel box girder Light Rail Transit (LRT) di kawasan Simpang Tanjung Api-api hingga saat ini masih belum dilakukan. Karena di persimpangan tersebut juga dibangun Fly Over yang saat ini juga dalam proses pengerjaan.

Wakil Ketua PMU LRT Provinsi Sumatera Selatan, Afrian Jon mengungkapkan, perlu ditemukan metode yang tepat dalam proses lifting steel box girder LRT ini yang terbilang sangat rumit agar tidak berbenturan dengan pembangunan Fly Over.

“Tentu saat ini kita masih lakukan koordinasi dengan kepala proyek pembangunan fly over. Namun kita targetkan semua girder di persimpangan dapat rampung akhir tahun ini,”ungkapnya.

Dikatakannya, untuk proses lifting di simpang bandara baru dilakukan di perbatasan pier. “Perlu ada pemetaan antara masing –masing pier dan pengukuran yang akurat. Jangan sampai ada plus minus,”terangnya.

Selain itu, steel box girder yang akan diangkat juga terlebih dahulu harus dilakukan perakitan di bawah. karena steel box masih dalam bentuk potongan-potongan.

“Perakitannya juga harus hati-hati per sitenya. Setelah dirakit dengan menggunakan baut baru bisa untuk dinaikkan,”jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Proyek Pembangunan LRT Palembang, Masudi mengungkapkan , beberapa titik rawan yang beresiko untuk dilakukan pemasangan girder steel box salah satunya di Simpang Tanjung Api-api (TAA).

“Di simpang itu ternyata di bawahnya ada pipa pertagas, pipa itu melintang berada persis di bawah pijakan crane. Ini metodenya masih kita godok,”ungkap Masudi. (Ab)

Editor: Janu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: