13 PTSP Sudah Terapkan KSWP


KORDANEWS – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rakor Penyelenggaraan Dekonsentrasi Koordinasi dan Supervisi Penyelenggaraan PTSP, di The Daira Hotel Palembang.

Dari data Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah Sumsel dan Babel dari 18 pemerintah darah yang ada di Sumsel, 13 Pemda sudah menerapkan Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) ketika ada pengusaha atau investor yang mengurus izin usaha di kantor PTSP.

Kepala Bidang Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian M. Dahlan Saleh menjelaskan, peran strategis Dinas Perizinan (DPM-PTSP) dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui KSWP.

“Selain mengoptimalkan PAD, melalui penerapan KSWP ini juga bisa menertibkan sistem perpajakan mulaid ari mengurus izin usaha. Sebab ketika ingin mengurus izin maka akan ditanya soal NPWP dan SPT dua taun terakhir. Jika ini bermasalah bisa saja tidak bisa mengurus izin usaha,” jelas dia, Selasa (19/9)

Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) adalah aplikasi berbasis web yang dijalankan di badan perizinan pemerintah daerah untuk memastikan bahwa pemohon izin. Contohnya izin Mendirikan Bangunan dan Tanda Daftar Perusahaan, telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak dan telah menyampaikan SPT Tahunan selama 2 tahun berturut-turut.

“Pengaplikasian KSWP ini dapat menguntungkan pemerintah daerah,” ujar Dahlan.

Editor : mahardika

No related post!

Tinggalkan pesan