OJK : Ada 2 Bank yang Tunda Salurkan KUR

11712 Views

KORDANEWS – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor regional 7 Sumbasel menyatakan, hingga saat ini diketahui ada dua bank yang menunda penyaluran Kredit Usaha rakyat (KUR) kepada masyarakat.

Direktur Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan, Sabil mengatakan, dari total enam bank yang ditetapkan Kementerian Keuangan sebagai penyalur KUR, dua diantaranya hingga kini belum melaksanakan program dari pemerintah tersebut.
“Alasanya lebih karena terkendala kesiapan Sumber Daya Manusia,” kata Sabil, tanpa menyebutkan kedua bank tersebut.

Dia menjelaskan, hal tersebut lebih kepada kebijakan operasional dari perbankan yang bersangkutan.

“Kalau di bank itu ada sebuah jabatanyang namanya account officer, bidang inilah yang bertugas mencari nasabah KUR. Nah, disinilah letak kelemahan yang masih didapati dua bank tersebut,” katanya.

Meski menunda penyaluran KUR, akan tetapi tidak ada sanksi yang akan diberlakukan terhadap bank tersebut. Sebab, pada dasarnya pihak bank lah yang meminta diikutsertakan dalam penyaluran KUR ini.

“OJK sendiri melakukan seleksi dalam hal tingkat kesehatan bank, dankredit bermasalahnya tidak boleh diatas 5 persen. Karena jika diatas itu maka bank tersebut tidak memiliki kopetensi untuk menyalurkan kredit-kredit skala kecil,” katanya.

Hanya saja, dampak dari penundaan KUR tersebut bisa saja akan berpengaruh pada kuota besaran KUR yang akan diterima bank yang bersangkutan di tahun berikutnya.

“Jadi target penyalurannya bisa saja diturunkan. Sebab di tahun ini realisasinya tidak tercapai,” katanya.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: