Kemenperin Fasilitasi IKM Pasarkan Produk Secara Online

12079 Views

KORDANEWS – Industri Kecil dan Menengah (IKM) tengah dihadapkan dengan masalah biaya pemasaran yang cukup tinggi. Karena alasan itu, IKM hanya melakukan pemasaran produknya dari mulut ke mulut di warung-warung terdekat atau pun berdasarkan pesanan.

Tantangan lain yang harus dihadapi oleh IKM dalam mengembangkan usahanya yakni keterbatasan modal. Alhasil, IKM ragu untuk melangkah ke pasar modern yang membutuhkan stok besar dan waktu tunggu perputaran uang yang cukup lama.

Di samping itu, terbatasnya jumlah konsumen IKM semakin membuat industri ini hanya dikenal oleh segelintir orang saja sehingga sangat sulit untuk dikenal. Hal itu turut diperparah dengan minimnya dana yang harus dikeluarkan untuk mempromosikan produk melalui pameran atau iklan di media.

Jalan keluarnya, IKM harus memiliki strategi baru untuk memasarkan produk dengan efektif sekaligus rendah biaya. Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (Ditjen IKM) pun menjawab tantangan ini dengan memberikan berbagai fasilitas untuk IKM.

Ditjen IKM kini turun tangan membantu akses pembiayaannya melalui KUR, meningkatkan keterampilan pemilik IKM melalui berbagai pelatihan teknis dan pendampingan Tenaga Penyuluh Lapangan. Lalu dari aspek pemasaran, IKM diberi kesempatan untuk memamerkan produknya lewat beragam pameran di Plasa Pameran Industri.

Meskipun demikian, fasilitas-fasilitas ini dirasa masih kurang menjangkau konsumen IKM. Selain itu, anggaran yang dikeluarkan untuk fasilitasi sangat besar. Dengan semakin berkembangnya ekonomi digital dan e-commerce, IKM juga perlu untuk lebih aktif memasarkan produknya melalui media online dan media sosial.

“Kesulitannya, kebanyakan IKM belum tahu cara jualan via internet yang baik,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Gati Wibawaningsih dalam keterangan tertulis, Minggu (24/9)

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: