Vending Machine LRT Telan Dana Rp 13 Miliar

16956 Views

KORDANEWS—–Direncanakan bagi penumpang yang nantinya ingin naik transportasi Light Right Transit (LRT) di Kota Palembang, di setiap stasiun akan disediakan Vending Machinery (mesin yang digunakan untuk melakukan pembayaran secara otomatis tanpa ada operator).

Kepala Bidang Perkeretapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Selatam Afrian Jhon mengatakan, bahwa akan ada 13 stasiun sepur dipucuk yang biasa disebut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin akan menggunakan Vending Machine.

“Tetapi, apakah 13 stasiun LRT akan menggunakan Vending Machine semua atau di stasiun utama saja, kita masih mengajinya. Sebab untuk mesin ini di 13 stasiun diperkirakan akan menelan dana Rp6 miliar,” kata Afrian saat ditemui usai rapat, di Pemprov Sumsel, Selasa (26/9).

Selain membahas hal tersebut, Afrian juga mengungkapkan dalam rapat kali ini pihaknya juga membahas mengenai Kartu E-Money khusus untuk penumpang LRT nantinya. Untuk E-Money ini akan dikeluarkan oleh Bank Sumsel Babel (BSB).

“Dengan adanya alat pembayaran tersebut tentu membuat masyarakat di Sumsel tak lagi repot dengan harus mengeluarkan uang tunai. Selain dengan BSB, rencananya juga akan dilakukan dengan bank-bank lain,” jelas dia. Untuk investasi ticketing akan dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE). Sayangnya, untuk nilai investasi sendiri, Afrian belum dapat memaparkannya.

“Nilai investasi kita belum bisa menyebutkan, karena sejauh ini masih dikaji,” ungkapnya. Sedangkan rencana untuk tarif tiket LRT Palembang, lanjut Afrian, pihaknya ingin memberlakukan harga ekonomis kisaran Rp5.000-Rp10.000 per penumpang LRT. Harga tersebut tentunya yang disesuaikan dengan kemampuan masyarakat tersebut.

“Kalau soal harga tiket LRT belum ada perubahan masih rencana kisaran Rp5.000 sampai Rp10.000. Tetapi harga ini belum final, jadi masih dilakukan kajian,” pungkasnya.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: