Tenaga Ahli Teknik Sumsel Sulit Bersaing, Ini Alasanya


KORDANEWS – Tenaga ahli teknik di Sumatera Selatan jumlahnya hampir mencapai 5 ribu orang. Namun, kebanyakan tenaga ahli ini belum mampu bersaing ke kancah nasional maupun internasional. Hal inilah yang menjadi fokus pembahasan dalam Musda Gabungan Ahli Teknik Nasional Indonesia (Gatensi) Sumsel, Kamis (28/9)

Ketua Gatensi Sumsel, Alamsyah mengatakan, banyak tenaga ahli teknik yang berasal dari Sumatera Selatan. Hanya saja, selama ini kebanyakan dari mereka berjalan sendiri-sendiri. Sehingga sulit bersaing dengan tenaga ahli teknik dari luar daerah.

“Maka dari itu kami ingin menyatukan sejumlah ahli teknik tersebut dalam satu wadah khusus sehingga kedepanya akan lebih baik,” katanya.

Selain itu, kebanyakan ahli teknik yang ada saat ini belum tersertifikasi. Apalagi ditengah persaingan era globaliasi saat ini serbuan tenaga ahli dari luar menjadi ancaman nyata yang tentunya tak bisa dihindarkan.

“Inilah salah satu bentuk tujuan dari pembentukan Gatensi ini. Jadi nanti semua tega ahli yang ada harus tersertifikasi melalui Gatensi,” katanya.

Apalagi, di Sumsel saat ini tegah gencar-gencarnya diadakan pembangunan proyek dari pemerintah. Tentu akan sangat disayangkan jika tenaga ahli dari Sumsel hanya menjadi penonton saja.

“Sejumlah proyek besar yang ada saat ini rata-rata tenaga ahlinya masih dari luar. Maka dari itu kedepan kita akan berupaya untuk memajukan tenaga ahli lokal,” katanya.

Editor : mahardika

No related post!

Tinggalkan pesan