Baru Ditemukan, Air Terjun ini Digadang Tertinggi di Lahat

15125 Views

KORDANEWS – Lahat memiliki banyak destinasi wisata tersembunyi. Salah satunya air terjun yang tergolong istimewa.Bahkan, digadang-gadang sebagai air terjun tertinggi disana.

Lokasinya di Desa Tanjung Bai Kecamatan Tanjung Tebat. Namun ternyata penemuan ini rupanya tidaklah disengaja. Demikian dibeberkan Ketua Panoramic of Lahat, Mario Andramartik.

Menurutnya, beberapa waktu lalu dirinya bepergian menuju Jakarta dengan menumpang pesawat dari Bandara Atung Bungsu Pagaralam. Di udara, saat pandangannya meninjau ke bawah, tampak Mario menyaksikan keberadaan air terjun yang baru kali pertama dilihatnya.

“Saya lihat, wah di situ rupanya ada air terjun,” gumam Mario waktu itu.

Sekembalinya dari Jakarta, penggiat wisata ini pun mengajak timnya untuk meninjau langsung keberadaan destinasi air terjun baru tersebut.

Setelah menyusuri ± 300 meter jalan aspal dari pemukiman penduduk, dan kemudian dilanjutkan dengan menyusuri jalan bebatuan dan tanah sepanjang ± 200 meter, akhirnya Mario bersama tim tiba di tepian jurang Endikat, tempat dimana destinasi air terjun ini dapat disaksikan tanpa penghalang.

“Saya perkirakan, ketinggian air terjun yang oleh warga setempat diberi nama air terjun Muara Nibung ini, mencapai ± 150 meter,” kata Mario.

Lantaran untuk melanjutkan perjalanan menuju destinasi harus menuruni jurang terjal, perjalanan tim Panoramic of Lahat akhirnya hanya sampai di tepian jurang ini.

“Air terjun ini merupakan yang tertinggi di Kabupaten Lahat. Selama ini kita ketahui, yang tertinggi adalah air terjun Lintang Kecik (Sinjar Bulan, Gumay Ulu, red), yakni ± 100 meter dan air terjun Gunung Nyawe (Talang Sejemput, Pulau Pinang), yakni ± 70 meter,” katanya.

Diakuinya, kemungkinan masih banyak destinasi-destinasi wisata lainnya yang keberadaannya masih tersembunyi. Yang jelas, menurut Mario, keberadaan destinasi baru ini tentu menambah khazanah wisata yang ada di Kabupaten Lahat, sebagai daerah yang memilki air terjun terbanyak di Indonesia.

“Semoga destinasi wisata baru ini kedepan cepat dikelola oleh Pemerintah. Karena saya lihat pemandangannya di sana sangat eksotis,” imbuhnya.(Hs)

Editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: