Home Entertainment Warga Antusias Nobar Film G30S/PKI

Warga Antusias Nobar Film G30S/PKI

KORDANEWS – Aksi nonton bareng (Nobar) film Penumpasan Pengkhianatan Gerakan 30 September (G30S) Partai Komunis Indonesia (PKI) terus digelar. Demikian seperti dilakukan jajaran Pengurus Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Kota Lahat di halaman Gedung Olahraga (GOR) “Bukit Tunjuk” tadi malam (30/9), bekerjasama dengan Kodim 0405 dan Polres Lahat.

“Ini untuk mengingatkan kembali masyarakat akan sejarah kelam yang pernah terjadi di tahun 1965, yakni percoba coup d’etat (perebutan kekuasaan, red) yang dilakukan oleh PKI melalui gerakan penculikan dan pembunuhan terhadap para Jenderal dan Pamen (Perwira Menengah, red) TNI,” kata Ketua PAC PP Kecamatan Kota Lahat, Jaka Batara, seraya mengingatkan masyarakat.

Untuk itu, Jaka mengajak masyarakat di “Bumi Seganti Setungguan” untuk jangan sekali-kali melupakan Sejarah (Jasmerah). Mengingat, pentingnya sejarah sebagai bahan pembelajaran dan acuan baik bagi generasi sekarang maupun bagi generasi yang akan datang.

“Jangan sampai peristiwa ini terulang kembali,” ingatnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pemuda Pancasila (MPC) Kabupaten Lahat, Tanhar Effendi, mengapresiasi digelarnya Nobar film G30S/PKI ini. Dia mengingatkan, potensi kebangkitan Komunisme maupun PKI sebagai representasinya selalu ada.

“Karenanya, mengingat sejarah kelam tahun 1965 lalu, hendaknya kita semua dapat lebih mawas diri dalam menyikapi berbagai fenomena dan dinamika yang ada sekarang, dengan menjadikan Sejarah sebagai acuan. Jangan sampai, peristiwa G30S/PKI terulang kembali,” jelas Tanhar.

Hujan gerimis yang mengguyur Kota Lahat rupanya tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk bersama-sama menyaksikan film yang disutradari Arifin C. Noer ini. Tak ketinggalan, kopi dan cemilan gratis disediakan oleh Pemuda Pancasila dalam nobar ini. (Hs)

Editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here