Medco Caplok 77,68% Saham Saratoga Power

11028 Views

KORDANEWS – PT Medco Energi Internasional Tbk (Medco) mengakuisisi 77,68% saham PT Saratoga Power senilai US$ 129,2 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun (kurs Rp 13.500/US$). Aksi korporasi ini disampaikan Medco lewat keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dengan demikian, terhitung sejak tanggal penandatanganan akta pengambilalihan tersebut, Medco efektif memiliki PT Saratoga Power dengan kepemilikan 77,68% saham.

Dikutip dari situs Medco, setelah transaksi ini, perseroan telah meningkatkan kepemilikan efektif di PT Medco Power Indonesia (MPI) dari 49% menjadi 88,62%. Sementara itu 11,38% saham di MPI yang dipegang oleh International Finance Corporation (IFC) tidak berubah.

Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco Energi mengatakan, akuisisi ini memungkinkan perseroan untuk memperoleh kembali kendali mayoritas MPI dan memperkuat posisi kita di sektor pembangkit tenaga listrik, yang diperkirakan akan terus tumbuh sebesar 9% per tahun selama sepuluh tahun ke depan.

“Peningkatan kontrol terhadap MPI ini sejalan dengan strategi Perusahaan untuk tumbuh di tiga sektor utama; minyak dan gas, pertambangan dan listrik, serta membuka potensi yang lebih besar untuk dapat bersinergi dengan bisnis hulu gas yang kita miliki,” ujar Hilmi sepert dikutip dari situs MedcoEnergi (www.medcoenergi.com)

MPI yang didirikan pada tahun 2004 adalah produsen tenaga listrik menengah terkemuka di Indonesia dengan fokus utama perolehan sumber energinya dari gas alam dan panas bumi. MPI saat ini mengoperasikan lebih dari 520MW kapasitas terpasang bruto pada bulan September 2017, dan operasi komersial yang diharapkan dari fasilitas tenaga listrik panas bumi Sarulla Unit 2 pada bulan Oktober 2017, satu bulan lebih cepat dari jadwal.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

/* */