E-Commerce Dongkrak Pertumbuhan Logistik

12512 Views

KORDANEWS – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebut, perubahan pola konsumsi masyarakat dari berbelanja di toko fisik (offline) menjadi online melalui situs perdagangan elektronik (e-commerce) berhasil mengerek pertumbuhan sektor kelogistikan.

Wakil Ketua Kadin Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto menjelaskan, beberapa pelaku usaha sektor kelogistikan saat ini merasakan dampak dari peningkatan aktivitas bisnis e-commerce. Namun, kondisi tersebut belum memberi dampak besar pada pendapatan perusahaan di sektor tersebut secara keseluruhan.

“Kalau dilihat memang sudah mulai terasa (imbas dari e-commerce) tapi belum meningkat drastis. Jadi, masih merangkak karena ini suatu yang baru,” ujar Carmelita , Selasa (10/10).

Carmelita menjelaskan, kondisi perekonomian Tanah Air belum begitu menggairahkan, sehingga efek peningkatan bisnis e-commerce terhadap sektor logistik belum benar-benar melonjak. Di sisi lain, sumbangan pendapatan terbesar bagi perusahaan kelogistikan masih datang dari kegiatan ekspor dan impor skala besar.

“Kalau sumbangan tetap ya dari ekspor dan impor yang lebih terasa dan datanya sudah bisa ditangkap,” imbuhnya.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

/* */