DKPP : Pelanggaran Etika Pilkada Akan Ditindak Secara Adil

13051 Views

KORDANEWS – Komisioner Komisi Pemilihan Uumum (KPU) RI Viryan meminta agar pemilih menggunakan hak dengan bijak di Pilkada serentak 2018. Karena satu suara sangat menentukan kemakmuran masyarakat dalam lima tahun kedepan.

“Mengenai pemilih, kami berharap semuanya dapat menggunakan hak pilih. Dan yang terkendala masalah e-KTP juga dapat segera menyelesaikannya agar pilihannya dapat tersalurkan di Pilkada tahun depan,” ucapnya.

Senada, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono berharap agar Pilkada kali ini dapat berjalan secara demokratis. Baginya Pilkada merupakan manifestasi kedaulatan rakyat.

“Soal pelanggaran etika di Pilkada nanti itu urusannya DKPP yang bertanggungjawab. Jangan sampai ada permasalahan yang berkepanjangan. Sebagai pegakkan etika kami akan menjalankan fungsi secara adil,” tegasnya.

Launching Pilgub kali ini dikemas dengan sesuatu yang berbeda. Kegiatan ini juga tercatat dalam musium rekor Indonesia (Muri), menghadirkan replika kotak suara raksasa yang terdiri dari 1.827 kotak aluminium dengan lebar dan panjang 6 meter, dan tinggi 7 meter.

Bersamaan dengan itu, KPU Sumsel juga melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan Jembatan Ampera. Spanduk raksasa bertuliskan “Peresmian dan Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel 27 Juni 2018” dibentangkan di tengah Jembatan yang menghubungkan Seberang Ulu dan Ilir kota Palembang.

“Besar harapan kami agar partisipasi pemilih dapat meningkat. Dengan cara ini kami ingin ada kesadaran agar masyarakat menggunakan hak pilihnya,” kata Ketua KPU Sumsel Aspahani.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

/* */