Kelapa Ditarget Masuk 10 Besar Ekspor Sumsel

16917 Views

KORDANEWS——Ternyata tak hanya Karet dan Kelapa sawit yang menjadi komoditi ekspor terbesar asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) paling di minati oleh negara lain. Kelapa asal juga menjadi komoditi ekspor ke penjuru negara, terutama negara Asia.

Kepala Dinas Perdagangan Sumsel, Agus Yusdiantoro mengatakan, kontribusi kelapa ke pasar ekspor terus menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, dalam satu kali pengiriman bisa mencapai 70 kontainer.

“ya, ekspor Kelapa dalam (Isi kelapa) teris meningkat, bahkan bisa mencapai 1 triliun per tahun,” katanya.

Penghasil kelapa terbesar, lanjut Agus, di provinsi Sumsel terdapat di Kabupaten Banyuasin, disana banyak perkebunan kelapa, terutama di wilayah Jalur yang menurut dia memang memiliki kualitas kelapa yang bagus.

“Tapi tidak menutup kemungkinan kedepan produksi kelapa juga akan diikuti sejumlah kabupeten/kota lainya, mengingat komoditas ini kini cukup diminati pasar global”, ungkapnya.

Meskipun sekarang berada di peringkat 12 ekspor terbesar asal Sumsel, Agus yakin ekspor kelapa ini terus meningkat setiap tahunya, bahkan dirinya yakin ekspor kelapa ini bisa masuk 10 besar nantinya.

Untuk pasarnya sendiri, yakni ke Thailand dan Tiongkok paling meminati Kelapa asal Sumsel, sementara untuk pengiriman lokal, hanya mengirim ke Jakarta. “Beberapa industri di luar negeri menggunakan kelapa sebagai bahan dasar pembuatan bahan makanan, minyak, serta campuran untuk kosmetik,” katanya.

Di jelaskan agus, pihaknya memang terus berusaha agar kwalitas kelapa asal Sumsel ini tetap tercaga, seperti menjaga agar setiap pengiriman tidak ada kelapa yang pecah.

“Ada juga kami lakukan pengasapan, yang fungsinya untuk menghilangkan hama. Intinya jangan sampai ada komplen”, tukasnya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: