Baru 3 Tahun Lagi, Replating 60 Ribu Hektar Sawit Rampung

12536 Views

KORDANEWS – Pemerintah bersama dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) memulai proses peremajaan kebun sawit (Replanting )di Sumsel yang dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Sungai Lilin kabupaten Muba. Hapa awal 4,400 Ha akan di replating.

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) Sumsel Harry Hartanto mengatakan, tahap awal replanting yang dilakukan di Muba oleh presiden targetnya 4.400 hektar kebun sawit yang sudah uzur.

Indonesia menurut Harry memiliki misi untuk menjadi raja CPO dunia pada tahun 2030, makanya replanting merupakan hal yang cukup mendesak untuk dilakukan. Gapki sendiri sudah mengusulkan untuk melakukan peremajaan kebun sawit milik warga sejak tahun 2015 lalu, namun masih terkendala aturan. Namun dia bersyukur repalting sudah dimulai tahun ini.

Mengacu pada data Disbun, hingga tahun 2020 bisa melakukan peremajaan kebuh milik rakyat seluas 60 ribu hektar. Sebentara untuk kebun milik perusahaan sudah dilakukan peremajaan sejak beberapa tahun terakhir.

Untuk melakukan replanting setidaknya membutuhkan modal Rp61 juta per hetar. Tentu dengan besaran dana tersebut sangat sulit bagi masyarakat untuk memenuhinya, kanaya melalui menteri keuangan diputuskan untuk mengucurkan dana hibah sebesar Rp25 juta perhektar untuk melakukan peremajaan tersebut.

“Sisanya petani bisa mengambil dana dari koperasi dan pinjaman bank, sebab perusahaan sendiri selaku pengelola plasma sulit untuk membentukan bantuan dana,” kata Harry, Rabu (18/10).

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: