Dua Kecamata Baru di Lahat, Tunggu Kesiapan Teknis

21782 Views

KORDANEWS – Kepastian pelaksanaan peresmian dua Kecamatan baru, masing-masing Mulak Sebingkai dan Lahat yang pembetukannya sudah disetujui beberapa waktu lalu, mulai menunjukkan titik terang.

Hal ini terlihat dari digelarnya rapat pembahasan persiapan teknis peresmian, yang digelar di Ruang Opsroom Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, Rabu (18/10).

“Ya, (peresmian, red) ini sebetulnya tinggal menunggu kesiapan teknisnya. Jika memang sudah siap, baru kita resmikan,” kata Bupati Lahat, H. Aswari Riva’i melalui Plt. Sekda H. Haryanto, ditemui sebelum rapat.

Berdasarkan hasil kemufakatan rapat, pelaksanaan teknis peresmian dibagi dalam beberapa bidang, dimana bertindak sebagai pelaksana OPD terkait sesuai dengan tupoksi yang ada. Sebagaimana dirincikan Asisten I Setda Kabupaten Lahat, Ramsi, untuk urusan penempatan personil dan pelantikan pejabat diserahkan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Kemudian mengenai Kantor Pemerintah Kecamatan dan Rumah Dinas Camat, sebagaimana disampaikan Pak Sekda, sudah dianggarkan dalam APBD Perubahan. Bagaimanapun Kantor dan Rumah Dinas ini harus ada walaupun sifatnya sementara,” terang Ramsi.

Kemudian dilanjutkannya, untuk urusan pengadaan kendaraan dinas, baik roda empat maupun roda dua, diserahkan pada Badan Keuangan Daerah (BKD). Urusan sound systems, perlengkapan dan transportasi diserahkan pada Bagian Umum Setda. Penerima tamu diserahkan pada para Asisten dan Staf Ahli.

“Insya Allah, peresmian juga akan dihadiri diantaranya oleh perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri RI dan juga dari Pemerintah Provinsi,” imbuhnya.

Selanjutnya, mengenai konsumsi diserahkan kepada Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), keamanan dan ketertiban kepada Dinas Pol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub), serta perencanaan diserahkan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Jika semuanya ini sudah siap, baru kita bisa menentukan Hari-H peresmiannya,” jelasnya.

Hadir dalam rapat diantaranya Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Hj. R. Rukmi Kurnia Sismartianti Aswari, sejumlah pejabat OPD serta Kepala Desa (Kades).(Hs)

Editor: Janu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: