BEI Dorong Perusahaan Star Up untuk Go Public

12520 Views

KORDANEWS – Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mendorong pelaku usaha staf up untuk berani menjadi perusahaan terbuka melalui skema IPO. Sebab dengan cara ini akselerasi perusahaan bisa lebih cepat.

Kepala Divisi Pripatisasi SME Star Up and Foreinlisting Saptono Adi Junarso mengatakan,salah satu langkah bagi perusahaan star up untuk bisa go internasional adalah melalui skema IPO.

“Makami kami dari BEI tidak henti mengajak pelaju usaha star up untuk melantai dibursa,” katanya, usai workshop Go Public dengan tema Akselerasi pertumbuhan perusahaan di Sumsel melalui go public di Hotel Santika, Kamis (19/10).

Menurutnya, dengan cara IPO akselerasi bisnis perusahaan bisa semakin cepat, alasanya 60 persen investor pasar modal di Indonesia berasal dari asing. Jadi, ketika perusahaan sudah go public, produk yang dimiliki terkenal di luar negeri setidaknya melalui pemasaran yang dilakukan pemegang perusahaan.

Perusahaan yang melakukan listing di bursa bukan saja hanya untuk keperluan pendanaan. Meski mayoritas emiten melakukan pencatatan saham keperluannya untuk permodalah, sebetulnya menjadi perusahaan terbuka itu banyak tujuan lain.

Menurutnya, banyak juga perusahaan yang melakukan go public bukan untuk keperluan mendapatkan dana. Sebagai contoh PT Sidomuncul Tbk melantai dibursa hanya untuk menjaga kerlangsungan usaha.

“Saya sudah bicara langsung dengan Irwan Hidayat pemilik Sidomuncul. Dia melakukan IPO dalam rangka menjaga keberlangsungan usaha. Sebab disaat industri jamu di Indonesia tengah memasuki masa sulit Sidomuncul butuh terobosan dan inovasi untuk memperluas pasar. Makanya setelah IPO produk jamu Sidomuncul sudah dijual ke beberapa negara seperti Tiongkok hingga negara eropa,” jelasnya.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: