Home Politik Calon Gubernur Ini Punya Program Desa Unggulan Berbasis Literasi

Calon Gubernur Ini Punya Program Desa Unggulan Berbasis Literasi

KORDANEWS – Dalam rangka menyambut Hari Perpustakaan Sekolah Internasional 2017, Calon Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, kembali menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sumsel, salah satunya melalui sarana perpustakaan yang memadai dan layak untuk anak-anak sekolah.

“Setiap sekolah di Sumsel harus mempunyai perpustakaan yang memadai dan layak buat siswanya, jangan sampai ada sekolah yang perpustakaannya tidak layak, atau bahkan tidak punya perpustakaan,” demikian disampaikan Herman Deru, Kamis (18/10).

Gagasan mengenai desa atau kelurahan unggulan berbasis literasi adalah satu ikhtiar kecil di level desa atau kelurahan untuk mendorong anak-anak segala usia dan orang tuanya mau membangun kuktur membaca.

“Saya mau di tiap desa kelurahan itu minimal ada satu Taman Bacaan Rakyat (TBR), ini serius. Semua harus mau membaca, bahaya kalau rakyat tak suka baca, apalagi sekarang sudah masuk era digital, bisa-bisa muncul tradisi copas (copy paste, red) tanpa tabayyun. Harapannya gerakan ini akan menjadi sarana dan media belajar utuk semua kalangan tentu juga serta mengurangi angka buta aksara, ujarnya.

Deru menambahkan, minat baca dan budaya literasi masyarakat Sumsel harus ditumbuhkan. Hal demikian bukan hanya tugas pemerintah melainkan harus jadi kesadaran dan kemauan seluruh lapisan masyarakat.

“Antara pemerintah dan masyarakat harus saling mendukung, bersinergi, dan bekerja sama merapatkan barisan untuk menyukseskan gerakan ini,” tuturnya

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here