Dua Kali Diturunkan, Kini BI Lebih Pilih Tahan Suku Bunga 4,25%

12232 Views

KORDANEWS – Bank Indonesia (BI) memilih menahan suku bunga acuan (7 Days Reverse Repo Rate/7DRRR) di angka 4,25 persen pada Oktober ini, setelah dua bulan berturut-turut menurunkan sebanyak 50 basis poin (bps).

Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Dody Budi Waluyo mengatakan, hal ini dilakukan sebagai antisipasi perekonomian dunia dan domestik, meski saat ini memperlihatkan perbaikan.

“Rapat Dewan Gubernur (RDG) memutuskan untuk menahan BI 7DRR Rate di angka 4,25 persen, berlaku efektif sejak 20 Oktober 2017,” ujar Dody dalam konferensi pers hasil RDG BI, Kamis (19/10)

Selain itu, hasil RDG BI juga menurunkan suku bunga deposit facility di level 3,5 persen dan suku bunga lending facility di level 5,0 persen.

Dody bilang, perekonomian Indonesia tengah melanjutkan perbaikan, terlihat dari beberapa negara, seperti Amerika Serikat (AS) dan China.

Ekonomi China diperkirakan lebih tinggi karena ada peningkatan ekspor dan perbaikan di sektor keuangannya. Lalu, ekonomi AS juga diprediksi akan lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya.

Di sisi lain, ekonomi India mengalami penurunan sesuai dengan revisi ke bawah akibat dampak.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: