Kurang Tidur Ternyata Pengaruhi Nafsu Makan

14695 Views

KORDANEWS – Sudah kenyang tapi kok masih lapar dan ingin makan lagi ya? Coba atasi dengan mengurangi kebiasaan begadang. Studi ungkap kurang tidur juga pengaruhi nafsu makan Anda lho.

Menurut sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition, keinginan tak terkendali untuk makan dan ngemil salah satunya dipengaruhi oleh faktor kurang tidur.

Dalam studi ini, para peneliti mengamati 11 studi sebelumnya yang melibatkan sekitar 172 responden. Dari hasil pengamatan tersebut, ditemukan adanya kaitan yang signifikan antara kurang tidur dan nafsu makan yang berlebihan.

Baca juga: Kebanyakan Minum Teh Susu Bikin Sakit Jantung dan Ginjal?

Peneliti menemukan responden yang rata-rata tidur malam kurang dari 5 jam mengonsumsi sekitar 385 kalori ekstra pada hari berikutnya. Kalori ekstra ini terutama dari peningkatan konsumsi lemak. Sebaliknya, kurang tidur juga mengurangi keinginan responden untuk makan makanan sehat termasuk sumber protein.

Para peneliti juga menemukan bahwa tingkat aktivitas pada hari berikutnya tidak terlalu berpengaruh pada mereka yang kurang tidur, maupun yang cukup tidur. Hal ini tentu kembali memengaruhi kenaikan berat badan. Sebab asupan kalori dan nafsu makan bertambah tanpa dibarengi dengan peningkatan aktivitas tentu akan berujung pada penumpukan kalori dan kenaikan berat badan.

“Menariknya, mereka yang kurang tidur rata-rata tanpa disadari cenderung mengonsumsi lebih banyak gula di keesokan harinya,” tulis para peneliti, seperti dikutip dari Body and Soul.

Nah, untuk mengendalikan nafsu makan berlebih, Anda pun dianjurkan untuk mulai mengontrol jam tidur Anda. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan begadang dan biasakan untuk tidur malam minimal 7-8 jam. dengan begitu, tubuh akan cukup waktu untuk istirahat dan berat badan menjadi lebih terkendali.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: