Tingkatkan Perolehan DPK, BSM Juga Bidik Dana Masjid ?

12116 Views

KORDANEWS – Akibat beberapa sektor pembiayaan kurang maksimal membuat Bank Syariah Mandiri (BSM) Area Palembang fokus mencari dana ritel baik itu tabungan maupun giro untuk meningkatkan penghimpunan DPK.

Area Manager BSM Palembang Syahruddin Siregar mengatakan, setiap dana yang dihimpun di bank tentu harus diputarkan lagi ke masyarakat dalam bentuk pembiayaan. Jika dana tersebut hanya dibiarkan mengendap di bank tentu akan menjadi dana beban bank.

“Saat ini rata-rata pertumbuhan pembiayaan berkisar 7-8 persen. Sementara pentumbuhan dana itu sampai dua digit, artinya 5 persen lebih pertumbuhan dana itu hanya mengendap di bank, jika kebanyakan dana mahal tentu akan memberatkan bank karena harus menanggung selisih margin,” katanya.

Makanya BSM memiliki program bagai mana bisa meningkatkan cassa untuk meraup dana murah melalui penggarapan sektor ritel. Sebagai contoh dana murah yang potensial untuk digarap adalah dana sekolah hingga dana masjid.

Program mendapatkan dana murah dari masjid sudah dilakukan BSM sejak beberapa tahunterakhir, hasilnya cukup optimal, dimana perbandingan dana murah dan dana mahal sudah bagus. Lebih dari 60 persen dana yang mengendap di BSM adalah dana murah.

Pertumbuhan dana yang mencapai dua digit tentu satu pencapaian yang bagus bagi BSM, sebab tidak semua perbankan syariah di Palembang mampu mencapai hal tersebut.

Namun jika tidak bisa disalurkan tentu menjadi dilema, sebab saat ini kondisi ekonomi yang belum tumbuh bagus membut sektor pembiayaan tersendat. Hanya beberapa sektor yang masih objektif untuk dibiayai yakni mikro, dan perdagangan.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: