Home Budaya Disbudpar Sumsel Siapkan Paket Wisata Jelang Asian Games 2018

Disbudpar Sumsel Siapkan Paket Wisata Jelang Asian Games 2018

ist

KORDANEWS – Total objek wisata yang berada di Sumsel mencapai 968. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi direncanakan akan menyiapkan paket wisata dalam rangka Kota Palembang akan menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, mengatakan, pihaknya akan memfokuskan dan memaksimalkan 11 objek wisata dari 968.

“Saat Asian Games ada 11 objek wisata yang akan kami fokuskan,” katanya.

Saat ini, objek wisata tersebut tengah berbenah dan akhir tahun sebagian rampung. Namun ada pula yang akan dilanjutkan prosesnya pda 2018 mendatang. Mulai dari rehat, sisi visualisasi hingga penataan tata kelolah.

Tapi yang jelas, setiap objek wisata menghadirkan konsep yang berbeda. Juga bakal ada atraksi. Meski sebenarnya konsepnya belum rampungkan. Ia mencontohkan di Pulau kemarau akan ada atrasik barongsai. Lalu di Bukti Siguntang akan ada atraksi teater dan lainya. “Setiap pengunjung akan diberikan pengalaman yang berbeda,”

Nantinya, kata dia, objek wisata ini akan ditawarkan menjadi paket wisata oleh pelaku usaha tour and travel. Bahkan, tidak hanya kota di Sumsel tetapi juga over land (kota lainnya) seperti Aceh, Medan, Batam, Lampung, Bangka dan daerah lainnya yang punya direct fligh. “Di Sumsel ada 12 penerbangan langsung, ini akan ditawarkan menjadi paket wisata,”

Ia mencontohkan, Medan- Palembang – Lampung. Bisa pula, Batam- Bangka – Palembang. Bahkan, paket wisata ke Singapura dan Malaysia pun ada. “Ini yang saat ini tengah digenjot dan dipromosikan pelaku usaha pariwisata baik di dalam maupun di luar negeri. Terutama ke Asia Tenggara, Asia Pasific hingga ke Eropa,”

Promosi, lanjut dia, digencar dari berbagai even dan kegiatan pariwisata yang digelar. Waktu dekat pihaknya akan mengikuti Exhibition di Singapura. “Paket wisata ini sudah di kolaborasikan dengan program dari kementerian pariwisata dan kebudayaan juga Asista pusat,”

Irena mengatakan, sejauh ini progres dan respon terhadap terhadap paket wisata ini terbilang baik. Buktinya dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel terjadi peningkatan kunjungan baik wisman maupun wisnus. Data 2016 lalu, kunjungan wisman mencpaai 68 ribu sedangkan wisman mencapai 7 juta. “Ini tentu akan terus meningkat mengingat sumsel akan menjadi tuan rumah pada 2018 mendatang,” tukasnya

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here