5 Lembaga Survei Unggulkan Petahana di Pilkada Palembang

12933 Views

KORDANEWS – Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh lima lembaga survei, nama petahana Harnojoyo diunggulkan dibandingkan dengan penantang terkuatnya Sarimuda, dalam perebutan palembang 1 yang akan berlangsung tahun depan.

Kelima lembaga yang telah merilis hasil survei yaitu Lembaga Survei Indonesia (LSI) Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), kemudian Skala Survey Indonesia (SSI), lembaga survey Rekode, SSI dan Charta Politik.

Peneliti Senior SMRC, Djayadi Hanan menyampaikan, tingkat kepuasan terhadap Harnojoyo, masih menempatkannya pada posisi tertinggi dibandingkan dengan pesaing terdekatnya.

“Angka kepuasan terhadap Kepemimpinan Harnojoyo di angka 79 persen, dan jika Pilkada dilakukan sekarang, maka Harnojoyo berpeluang untuk meraih kemenangan,”kata Djayadi, Selasa (24/10).

Untuk tingkat elektabilitas mantan pedagang ayam ini, meninggalkan posisi beberapa para pesaingnya, seperti nama Sarimuda yang sudah tiga kali mencalonkan diri sebagai Walikota Palembang.

“Dari hasil tiga nama yang kita ajukan ke masyarakat, nama Harnojoyo menempati posisi pertama dengan persentase 43,6%, Mularis Djahri 2% dan Sarimuda 32,4%. Dimana alasan utama masyarakat dalam hal ini responden yang kita wawancarai adalah, bukti nyata kerja dan Harnojoyo memiliki tempat teratas dengan persentase 27%, mengungguli Sarimuda dengan angka 3%,” terangnya.

Hasil survey yang dilakukan Skala Survey Indonesia (SSI), dari pertanyaan terbuka atau top of mind 10 calon, Harnojoyo mendapat dukungan masyarakat sebesar 49,55 persen sementara pesaingnya ada nama Sarimuda dengan dukungan 21,69% disusul nama Fitrianti Agustinda 5,45%.

Selanjutnya, ada nama Abdul Rozak sebesar 3,18%, Mularis Djahri 2,50%, Lury Eliza Alex Noerdin 1,36% dan beberapa nama lain. Tidak hanya dari hasil survey SSI, hasil yang sama diberikan lembaga survey Rekode, yang biasa dipakai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Meski belum memberikan dukungan secara pasti, partai pemenang berlambang banteng ini diketahui sudah menerima hasil survey yang akan menjadi salah satu dasar untuk memberikan dukungannya.

Dimana, berdasarkan kajian lembaga tersebut, nama Harnojoyo menjadi tokoh yang paling dipanuti. Dari pertanyaan terbuka, nama tersebut mendapat persentase sebesar 34,9%, posisi kedua ada nama Alex Noerdin 12,3%, Eddy Santana Putra 7,7% dan posisi keempat Sarimuda 6,6 persen.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: