Catat ! Hal Ini Sebabkan Klaim Asuransi Tidak Berlaku

10911 Views

KORDANEWS – Asuransi kendaraan sejauh ini masih menjadi solusi jitu untuk mengelola resiko kecelakaan yang cukup tinggi di Indonesia.

Branch Manager Asuransi Astra Palembang Muliawansyah mengatakan data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa kecelakaan menjadi penyebab kematian nomor tiga di Indonesia atau dengan persentase mencapai 44 persen.

“Dari kecelakaan dalam berkendaraan itu, ternyata 66 persennya disebabkan human error (kesalahan manusia) sedangkan hanya 1 persen yang disebabkan faktor alam. Jadi solusi jitunya memang kendaraan itu harus diasuransikan atau resiko itu dialihkan ke perusahaan asuransi,” kata Muliawansyah.

Dalam workshop edukasi asuransi kendaraan bersama sejumlah wartawan di Palembang, ia mengatakan sejauh ini pemahaman masyarakat mengenai asuransi kendaraan berangsur membaik seiring dengan gencarnya edukasi ke masyarakat.

Hanya saja, tidak semua pemegang polis memahami bahwa tidak semua kasus bisa dilindungi pihak asuransi.

“Terkadang mereka (pemegang polis) berpikir bahwa semua akan tercover, padahal tidak demikian. Terdapat beberapa pengecualian tergantung dengan kasusnya dan hasil investigasi tim untuk kasus-kasus tertentu,” kata Muliawansyah.

Namun terdapat beberapa hal yang dipastikan tidak akan dilindungi asuransi, seperti pengguna melanggar lalu lintas, SIM yang sudah berakhir, mengemudi dalam pengaruh alkohol, dan lainnya.

Sementara yang pasti dilindungi asuransi pada umumnya untuk kasus tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dan terperosok, perbuatan jahat, pencurian, pencurian dengan kekerasan, dan kebakaran. Begitu pula dengan kasus kelalaian pengendara seperti mengantuk sehingga berujung kecelakaan.

“Perlu dicatat, untuk kasus pencurian murni jelas dilindungi asuransi tapi untuk kasus penggelapan (penipuan) tentu tidak dilindungi. Mengenai hal ini, terkadang tidak dimengerti pemegang polis, itulah perlu adanya edukasi,” ujar dia.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: