Pilkades Ulak Lebar Sempat Ricuh

15879 Views

KORDANEWS – Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ulak Lebar berlangsung “ricuh”, Kamis (26/10). Kericuhan disebabkan berbagai macam, dari mulai ricuh antar pemilih lantaran ingin lebih dahulu mencoblos, ricuh karena pemilih menolak mencelupkan jarinya ke tinta hingga ricuh karena ketidakpuasan saksi atas perhitungan kertas suara.

Beruntung petugas keamanan dari Polres Lahat, Kodim 0405, Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Linmas standby di lokasi. Sehingga, kericuhan pun tidak berlangsung lama dan dapat diatasi.

Demikian suasana simulasi yang berlangsung di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, dalam rangka pelatihan pra operasional untuk menguji kesiapan aparat keamanan menjelang Pilkades serentak gelombang kedua pada 31 Oktober mendatang.

“(Simulasi, red) Ini untuk mereview lagi bagi rekan-rekan yang akan melaksanakan pengamanan. Jadi bisa melihat situasi seperti yang ada di lapangan. Jadi kita berusaha untuk memberikan situasi Pilkades ini dengan aman, nyaman tidak ada masalah sama sekali,” terang Kapolres Lahat, AKBP. Roby Karya Adi, SIK ditemui usai simulasi.

Dalam rangka pengamanan Pilkades serentak ini, sambung Roby, pihaknya akan menerjunkan sekitar 580 personil petugas keamanan gabungan, baik dari Polres Lahat, Kodim 0405, Pol PP maupun Linmas.

“Sampai saat ini kita melihat dari sejarahnya memang belum ada (kericuhan, red). Tapi kita tidak boleh ‘underestimate’. Kita harus memberikan perencanaan dengan pengamanan yang melibatkan kekuatan full,” imbuhnya.

Kegiatan simulasi pelaksanaan Pilkades ini terlebih dahulu diawali dengan apel bersama gelar pasukan, yang diinspekturi langsung oleh AKBP. Roby Karya Adi, SIK. Tampak ikut apel diantaranya Asisten I Setda Ramsi, Kabag Operasional Kompol. Heri Lawalata, Kepala Dinas Pol PP Heri Alkahfi dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Fauzan Choiri Denin.(Hs)

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: