Bikin Suket, Kelar Satu Hari

15985 Views

KORDANEWS——Bagi masyarakat Kota Palembang yang ingin membuat Surat Keterangan (Suket) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) dapat selesai hanya satu hari. Hal ini disampaikan Sekretaris Disdukcapil Kota Palembang Santi Zahara saat ditemui di ruangannya, (27/10)

“Untuk pembuatan suket bisa dilakukan dalam satu hari yang artinya pembuatan suket ini bisa ditunggu,” katanya

Namun, pihaknya tidak bisa memungkiri jika kondisi sedang ramai maka pembuatan suket dapat lebih dari satu hari. “Kalau posisinya sedang ramai ya ngak bisa dalam satu hari,” ujar santi.

Santi menjelaskan, fungsi atau kegunaan dari suket ini adalah sebagai pengganti kartu tanda penduduk (ktp) elektronik yang hilang. “Suket ini sifatnya hanya sementara untuk pengganti yang hilang karena suket itu hanya berlaku dalam 6 bulan dan akan diperpanjang 6 bulan lagi jika memang ktp elektronik yang baru belum keluar” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, untuk pengajuan pembuatan ktp elektonik yang baru akibat hilang atau rusak dan pembuatan suket ini sendiri sangat mudah yaitu dengan hanya datang ke kantor dinas dukcapil kota palembang atua daerah yang bersangkutan. “Adapayn syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan kembali ktp elektronik dan suket ini yaitu adanya surat kehilangan dari pihak kepolisian, fotokopi kartu keluarga (kk) dan yang terakhir melapor ke dinas dukcapil yang bersangkutan,” ungkap santi.

Santi menambahkan, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya cukup banyak ktp elektronik masyarakat kota palembang yang hilang dan rusak. “Untuk KTP elektronik yang hilang dan rusak ini Hampir 90 ribu yang sudah melapor dari september 2016 sampai sekarang,” katanya.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: