Ingat, Gunakan Rotator Bakal Ditilang

14948 Views

KORDANEWS – Polres Muara Enim akan tindak tegas para pengemudi jalan raya yang menggunakan rotator / sirine, walaupun para pengemudi berdalih sudah ada izin akan tetap dilakukan penilangan, begitu yang dikatakan Kasatlantas Polres Muara Enim, AkP Adik Listiyono SIK saat di sambangi Kordanews.com di ruang kerjanya, Jum’at (27/10/2017).

Dikatakan Adik, tidak akan ada toleransi bagi para pelanggar, karena tata cara serta aturan penggunaan rotator / sirine sudah di tetapkan di dalam Undang-Undang.

“Kita terus melakukan penyuluhan, serta sudah kirim surat ke instansi terkait, kalau mereka masih tetap melanggar apa boleh buat tetap akan kita tindak lanjuti,” Ujar Adik

Ditambahkan Adik, semua aturan penggunaan rotator sudah jelas dan sudah ada undang undang yang mengatur, yaitu uu nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Disana sudah jelas, lampu rotator atau isyarat warna Biru digunakan untuk petugas Polri. Lampu rotator atau isyarat warna Merah digunakan untuk Mobil tahanan, pengawalan TNI, ambulans, dan mobil Jenazah. Lampu rotator atau isyarat warna kuning di gunakan untuk Mobil Patroli jalan Tol, pengawasan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, perawatan dan pembersihan pasilitas umum, Mobil derek, serta Mobil angkutan khusus, seperti Mobil yang membawa alat berat,” Tambahnya lagi.

Masih kata Adik, pihaknya terus memberikan penjelasan kepada masyarakat, karena menghidupkan rotator atau lampu isyarat sembarangan dapat mengganggu kenyamanan pengendara lain dalam berlalu lintas.

“Jika masih tetap bandel, akan kita tilang dan kita tahan rotator nya,” Pungkas Adik. (Ari)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: