Bu Menteri Senang, Eximbank Kucurkan Kredit Rp 8 Triliun

11791 Views
ist

KORDANEWS – Tahun ini genap berusia 8 tahun atau sewindu usia Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau yang lebih dikenal dengan Indonesia Eximbank. Saat ini, aset lembaga penyalur kredit ekspor ini sudah mencapai Rp 108,3 triliun, naik tinggi dibandingkan saat baru dibentuk di 2009 dengan aktiva tercatat Rp 12,9 triliun.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan jika melihat dari kinerja pengelolaan keuangannya, Indonesia Eximbank relatif sangat baik. Apalagi jika melihat jumlah pembiayaan yang sudah naik berlipat sejak 2009, sehingga secara tak langsung berkontribusi besar pada peningkatan ekspor.

“Dulu aset LPEI Rp 2 triliun. Kemudian masuk PMN (penyertaan modal negara) Rp 4 triliun, APBN hanya memasukkan Rp 4 triliun, dan institusi ini bisa melakukan pembiayaan Rp 100 triliun. It’s not bad. Saya sih senang,” ucap Sri Mulyani.

Dari catatan kinerjanya, dari tahun 2009-2017 LPEI sudah berkontribusi pada penerimaan negara sebesar Rp 5,25 triliun yang berasal dari dividen, pajak, serta pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

“Dengan negara bayar Rp 4 triliun, sekarang dari bayar pajak, PNBP, dan dividen nilainya sudah balik modal Rp 5,2 triliun. Nah ini saya senang dengan perkembangan (kinerja) yang ada,” tutur Sri Mulyani.

Diungkapkan mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, suntikan modal pemerintah saat pembentukan LPEI sendiri merupakan bentuk investasi tak langsung pemerintah.

“Kalau Rp 2 triliun saya injeksikan, saya belanja lewat Kementerian PUPR ya Rp 1 jadi Rp 1. Kalau di Kementerian Perhubungan Rp 1 jadi Rp 1 dalam bentuk rel. Uangnya enggak hilang, karena jadi barang. Tapi kalau injeksi di LPEI, Rp 1 jadi Rp 10, dan uangnya enggak hilang. Ini opsi-opsi dalam keuangan negara,” ujar dia.

Namun demikian, dirinya yang jadi wakil pemegang saham berharap, selain kinerja keuangan yang moncer, LPEI juga bisa berkontribusi lebih banyak lagi pada pembiayaan dari yang ada saat ini, terutama yang menyasar segmen UKM berorientasi ekspor atau UKME.

“Tapi sudah 8 tahun apa selanjutnya? Saya rasa satu hal, saya ingin eximbank ini semakin fokus dan punya ambisi jelas, Pak Jokowi ingin kita punya produktivitas dan competitiveness atas produk-produk kita. Ini bukan tugas eximbank sendiri,” ungkap Sri.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: