Musim Hujan, Begini Cara Cuci Mobil yang Baik dan Benar

31 Views

KORDANEWS – Musim hujan sudah datang. Hal ini membuat kendaraan menjadi sangat rentan kotor. Oleh karena itu, kita harus rajin mencucinyaa agar kelihatan kinclong. Berikut tips mencuci mobil dilansir dari ulasmobil.com

Mulailah pada bagian luar mobil. Gunakan selang panjang untuk menyemprot air. Pastikan seluruh bagian luar mobil Anda semprot. Hal ini sangat penting untuk melepaskan kotoran yang menempel. Jangan lupa jendela juga pintu sudah tertutup. Tujuannya adalah agar air tidak masuk ke bagian kabin mobil. Ini tahapan cukup penting dalam cara mencuci mobil.

Setelah semua bagian luar mobil basah mulai untuk mencuci. Gunakan detergen khusus pencuci mobil. Jangan gunakan detergen pakaian karena terlalu keras. Selain itu pilih spons lembut yang bisa mengangkat kotoran tanpa membuat goresan. Lap seluruh bodi mobil perlahan hingga semua kotoran hilang. Cara mencuci mobil ini penting Anda pelajari. Sering banyak yang menggunakan kain padahal teksturnya tajam. Goresan akan merusak cat dan fisik mobil.

Setelah bagian bodi luar selesai di lap dengan sabun, bilas kembali. Pastikan Anda menggunakan air bersih. Semprot kembali setiap permukaan hingga sabun luruh. Jangan sampai ada sabun yang tertinggal. Mulai dari bagian atap mobil hingga seluruh sabun ke bawah. Cara mencuci mobil ini untuk menghindari bercak pada cat. Setelah semua sabun luruh lalu keringkan. Gunakan kanebo untuk menyerap kelebihan air. Pastikan air benar-benar kering sehingga bodi bersih. Jika permukaan mobil sudah kering Anda bisa menggunakan wax. Wax bertujuan melindungi cat agar tidak cepat rusak. Pilih wax yang berkualitas dan gunakan kain lembut.

Setelah tips cara mencuci mobil luar selesai sekarang bagian dalam. Bagian interior mobil juga perlu perawatan. Sekalipun di dalam namun kotoran tidak kalah banyaknya. Debu dan mungkin serpihan makanan pasti ada. Apalagi yang punya anak kecil. Untuk bagian dalam mobil, mulai dengan vacuum. Lakukan vacuum pada karpet, jok dan sela-sela kursi penumpang. Jangan lupa bersihkan debu juga di bagian pintu. Bagasi juga perlu di vacuum. Lalu bersihkan dashboard dengan cairan khusus. Bisa juga Anda gunakan sedikit air. Lap hingga semua debu yang menempel hilang. Jika noda membandel Anda boleh gunakan sabun. Saat pembersihan kabin, biarkan pintu mobil terbuka. Tujuannya agar bagian basah cepat kering karena udara.

Cara mencuci mobil berikutnya adalah dengan mencuci mesin. Ini bagian paling sulit dan sensitif. Anda harus melakukan dengan benar juga hati-hati. Tidak semua bagian mesin mobil bisa terkena air. Aki, sensor dan juga kabel harus bebas air. Jangan semprot dengan tekanan tinggi. Jika busi mobil terkena air terlalu tinggi bisa menyebabkan mesin macet. Jika ada kotoran yang lengket pada mesin gunakan sabun cuci. Lap perlahan hingga kotoran terlepas.

Jika mesin selesai Anda harus tahu cara mencuci mobil bagian ban. Ban adalah bagian terluar mobil yang selalu kotor. Dalam kondisi jalan apapun ban selalu yang pertama kena. Tidak heran jika kadang kotoran menempel sangat tebal. Bersihkan bagian velg dengan sabun yang dicampur air. Gunakan spons lembut jangan sikat yang tajam. Jangan lupa bagian langit-langit ban. Bagian ini sering menumpuk kotoran berupa tanah atau pasir. Gunakan sikat kasar untuk membantu melepaskan semuanya.

Cara mencuci mobil selanjutnya untuk bagian bawah mobil. Semprot dengan air bertekanan tinggi. Tujuannya untuk melepaskan kerak dan tanah yang menempel. Jangan lupa gunakan sabun untuk membersihkan. Jika mencuci dengan manual Anda bisa masuk ke kolong mobil. Sikat dengan sikat yang berbulu agar bersih maksimal.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: