BTN : Sejuta Rumah Terkendala Pengembang

11927 Views

KORDANEWS – Ambisi pemerintah untuk membangun satu juta rumah setiap tahun masih banyak mengalami kendala, makanya sejauh ini program tersebut masih sulit tercapai, setiap tahun rata-rata pembangunan rumah yang bisa dilakukan pengembang berkisar 400 ribu unit.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, saat ini backlok perumahan mencapai 11,38 juta, sementara kemampuan produksi rumah yang bisa dilakukan pengembang masih sangat jauh.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menggelar program literasi properti melalui Housing Finance Center di Palembang untuk melahirkan developer baru yang bisa mendongkrak kapasitas bangun pengembang yang saat ini baru mencapai 250.000–400.000 unit per tahun.

Ia mengatakan, kapasitas tersebut tidak sebanding dengan kebutuhan rumah yang mencapai 800.000 unit per tahun.

“Kami optimistis program ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesenjangan pasokan properti,” katanya saat menutup rangkaian edukasi literasi properto di Universitas Sriwijaya, Palembang, Senin (30/10).

Menurut dia, perkembangan sektor properti di tanah air tidak hanya bergantung pada perkembangan infrastruktur, kesediaan lahan, tanah, perbaikan regulasi dan kemampuan pembiayaan perbankan tapi juga kualitas dan kuantitas para developer.

Dia mengatakan berdasarkan catatan keanggotaan asosiasi Real Estate Indonesia, dalam 10 tahun terakhir jumlah pengembang hanya bertambah 515 orang.

“Sektor perumahan di Indonesia jelas kekurangan entrepreneur, kami mencoba mendorong lahirnya calon wirausaha properti lewat HFC dan mengadakan pelatihan dengan menggaet institusi pendidikan di seluruh Indonesia,” katanya.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: