Persiapan Asian Games, Penenun Kain Mulai Stok Barang

11835 Views

KORDANEWS – Jelang Asian Games tahun 2018, pengusaha tenun kain khas Palembang mulai menyetok barang untuk memanfaatkan momen besar tersebut.

Owner Centra Tenun Tajung Tuan Kentang, Hj Yati mengatakan, sejak beberapa bulan lalu pihaknya sudah mulai menyetok barang dengan harapan saat event Asian Games nanti bisa mencukupi permintaan konsumen.

Saat ini diakui Hj Yati ia cuma memperkerjakan delapan orang penenun kain. Untuk satu lembar kain biasanya dikerjakan selama dua hari oleh seorang pekerja.

“Jadi produksi rata-rata perbulan itu sekitar 400 kain. Sementara untuk kain jumputan kita kerjasama dengan pejumput yang berada disekitar kawasan Tuan Kentang ini,” ujarnya.

Untuk kain yang ia jual sendiri saat ini sangat beragam mulai dari tajung, blongsong, jumputan, jepri dan kain-kain khas Palembang lainnya. Penggunaan bahan sendiri ada viscose, katun, dobby dan tysilk.

Bagaimana dengan penjualan? Saat ini penjualan cukup lumayan, pelanggan yang datang bukan hanya dari dalam kota Palembang tetapi banyak juga tamu-tamu dari luar kota.

“Pokoknya kalau ada tamu dari luar kota dan ingin mencari kain khas Palembang rata-rata pasti mereka datang kesini,” ungkap Hj Yati yang sudah menggeluti usaha ini sejak tahun 1984.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: