Banjir Ketika Hujan, Ini Saran dari Pengamat

15944 Views

KORDANEWS—–Pemerintah harus cepat mengambil tindakan mencegah genangan air lebih besar lagi, saat musim hujan datang kembali di Kota Palembang.

Apalagi kemarin hari Minggu malam hari sekitar pukul 10 malam hujan lebat mengguyur kota Palembang selama kurang lebih 3 jam.

Akibatnya, sejumlah kawasan kota Palembang tergenang air, bahkan kedalamanya ada yang sampai dengkul orang dewasa. Terutama di kawasan Sekip, Plaju, Kalidoni, dan Kilometer 5. Selain itu banyak pula jalan protokol kota Palembang cepat tergenang air jika hujan lebat mengguyur.

Manurut Pakar Lingkungan Hidup Yenrizal mengatakan Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kota Palembang dan dinas terkait harus memiliki ide dan tindakan cepat terhadap genangan air yang lebih tinggi. “Pemerintah harusnya membenahi tata ruang atau tempat tempat penyaluran air ini”, ujarnya.

Ia menilai Pemerintah kurang kreatif dalam mengantisipasi masalah banjir ini, terutama ketika musim hujan datang. Meskipun apa yang di programkan menurutnya sudah bagus, akan tetapi belum cukup baik.

“Program gotong royong dan membersihkan sungai – sungai di Palembang sudah bagus, tapi kalau banyaknya daerah rawa di timbun kemana larinya air ini jika tidak ada penampungan nya, tetap saja banjir akan terus terjadi”, tuturnya.

Untuk itu, menurut dia guna menyeimbangkan banyaknya pembangunan yang terjadi di Kota Palembang, pemerintah harusnya mengambil tindakan dengan menghindari pembangunan – pembangunan di kawasan penampungan air atau di kawasan rawa.

“jadi harusnya pembangunan di kota Palembang ini berkonsep air, atau pembamgunan dengan karateristik rawa,” jelasnya.

Lanjut dia, pemerintah seharusnya dapat mengimbangi pembangunan yang berada di atas rawa dengan mempertahankan dan memperbanyak daerah penampungan.

“Keseimbangan ini harus di jaga”, ungkapnya.

Editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: