Awasi Dana Desa, Polres Libatkan Bhabinkamtibmas

12142 Views

KORDANEWS – Guna mendukung kerjasama antara Polri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kementerian Dalam Negeri dalam mengawasi aliran serta penggunaan dana desa, Polres Muara Enim melakukan sosialisasi dan pelatihan pencegahan, pengawasan dan penanganan permasalahan dana desa kepada Bhabinkamtibmas di Kabupaten Muara Enim dan Pali, Kamis (02/11).

Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan SIK MPP mengatakan, hal ini dilakukan guna meningkatkan kinerja para kepala desa, agar dapat memberikan serta menyalurkan dana desa sebaik mungkin.

“Diharapkan semua Bhabinkamtibmas dapat memberikan masukan kepada para kepala desa, bukan berarti kita mau ikut campur, tapi kita hanya menjalankan tugas supaya dapat memberikan pelayanan serta dapat meminimalisir terjadinya kesalahan,” ujar Leo.

Selain itu, lanjut Leo, dalam kesepahaman antara Polri yang di tanda tangani oleh Kapolri, Drs H Muhammad Tito Karnavian MA Phd, Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo BSEE MBA, dan Mendagri, Tjajo Kumolo, ada enam kesepahaman yang di bahas, diantaranya membahas tentang pembinaan dan penguatan kapasitas aparatur pemerintah daerah, desa dan masyarakat dalam pengelolaan dana desa.

“Kedua pemantapaan dan sosialisasi regulasi terkait pengelolaan dana desa. Ketiga penguatan pengawasan pengolahan dana desa,” kata Leo

Kemudian yang ke empat fasilitasi bantuan pengamanan dalam pengelolaan dana desa, dan fasilitasi penanganan masalah dan penegakan hukum terhadap pengolahan dana desa.

“Tujuan MoU tersebut ialah untuk pertukaran data serta informasi tentang dana desa. Semoga setelah dilakukan kerja sama ini, kita dapat bersama sama mengawasi pengolahan dana desa yang ada,” pungkas Leo. (Ari)

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: