IPOL Indonesia : Harnojoyo Ungguli Sarimuda

12188 Views

KORDANEWS – Persaingan antara incumbent Harnojoyo dengan Sarimuda dalam perebutan kursi orang nomor satu di Palembang pada Pilkada 2018 tidak terelakan lagi. Keduanya akan memanfaatkan kekuatan lama untuk mendulang suara pada hari pencoblosan nanti.

“Antara Sarimuda melawan incumbent Harnojoyo yang memiliki legacy (warisan) politik almarhum Romi Herton, akan bersaing ketat dan mendominasi Pilwako,”kata CEO IPOL Indonesia,Petrus Hariyanto di Palembang, Kamis (2/11).

Menurut Petrus, hasil risetnya dengan 600 responden, menggunakan metode multistage random sampling menunjukkan, komposisi pasangan calon incumbent Harnojoyo-Fitrianti yang akan dilawan oleh Sarimuda-Abdul Rozak, masih menjadi ajang kontestasi yang ketat dan ramai.

Sementara nama lain seperti Mularis Djahri, Hernoe Akbar Alfaro, Yudha Mahyudin masih belum signifikan meskipun tidak tertutup kemungkinan muncul calon alternatif dari nama yang mencuat.

“Popularitas Harnojoyo masih yang tertinggi mencapai 93,02 persen dan elektabilitas mencapai 25,02. Fakta ini cukup rasional dan wajar karena kontestasi yang terjadi sekarang masih menjadi petahana. Sedangkan popularitas Sarimuda selaku penantang mencapai 86,96 persen, untuk tingkat keterpilihan atau elektabilitas di kisaran angka 21,11,” terang Petrus.

Dikatakan, elektabilitas Harnojoyo selaku petahana ini tentunya harus menjadikan kewaspadaan tersendiri. Sebab, manakala terjadi head to head dan hanya kedua kandidat ini yang mendapat rekomemdasi lengkap untuk diusung partai, maka penantang berpotensi bisa mengungguli petahana. Mengapa demikian, karena kandidat petahana, lanjut Petrus, juga perlu mewaspadai angka ketersukaan pemilih, yang menyatakan lebih senang pada Sarimuda 63 persen, sedangkan 57 persen suka pada Harnojoyo.

“Kecenderungan kontestasi sampai dengan akhir oktober kemarin, masih menunjukkan pergerakan yang dilakukan Cawako lain masih belum signifikan,” katanya.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: