KPUD Banyak Temukan Data Ganda dari Berkas Parpol

40 Views

KORDANEWS – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), menemukan ratusan data ganda dari berkas yang diserahkan oleh sejumlah partai politik peserta pemilihan umum 2019 berupa Foto Copy KTP EL dan KTA.

“Mayoritas data ganda itu ditemukan ganda antar partai, ada juga yang ditemukan di dalam partai itu sendiri.Untuk jumlahnya ratusan data ganda,ini kita temukan pada proses penelitian data administrasi yang diserahkan oleh parpol saat pendaftaran peserta parpol 2019 kemarin.,” kata Ketua KPUD Muba Firdaus Marvel, Jum’at (3/11).

Dikatakan firdaus,KPUD Muba juga menemukan data penduduk berstatus aparatur sipil negara (ASN). Namun, nantinya akan dilakukan pengecekan apakah ASN yang masuk dalam data administrasi itu masih berstatus ASN atau sudah pensiun.

“Nanti akan kita krocek, apakah mereka yang masuk dalam data ganda itu, benar-benar memberikan suara bagi partai tertentu,”katanya.

Hingga kini, belum ditemukan data pemilih yang berstatus TNI atau Polri. Kendati demikian KPUD masih akan terus melakukan penelitian, baik itu data ganda, data sesuai persyaratan atau data yang belum memenuhi persyaratan.

“Hasil verifikasi data ganda tahap pertama akan disampaikan kepada parpol pada 16-17 November 2017. Tahapan berikutnya, parpol diberi waktu memperbaiki data selama 10 hari, mulai 18 November hingga 1 Desember 2017,” katanya.

Saat ini, agenda KPUD memasuki tahapan penelitian administrasi, karena KPU RI pusat sudah menetapkan daftar parpol yang resmi melakukan pendaftaran. Tahapan itu dijadwalkan berlangsung hingga 15 November 2017.

Editor : mahardika

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: