Musim Penghujan, Hampir Seluruh Kabupaten/Kota di Sumsel Rawan Banjir

21 Views

KORDANEWS——-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyiagakan sarana dan prasarana untuk mengantisipasi banjir yang akan terjadi di Kabupaten/Kota di Sumsel.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala BPBD Provinsi Sumsel, Iriansyah mengatakan, bahwa kondisi sekarang ini sudah memasuki musim penghujan dan berpotensi ancaman terjadinya banjir. “Nah kita sudah mengantisipasinya dengan menyiagakan sarana dan prasarana jika terjadinya banjir,” katanya.

Ia juga mengungkapkan sarana dan prasarana yang telah disiagakan pihaknya seperti perahu karet dan alat evakuasi lainnya. “Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengantisipasi terjadinya banjir ini seperti dinas sosial dan dinas pekerjaan umum,” ujar iriansyah.

Iriansyah menjelaskan, untuk kabupaten/kota yang rawan atau berpotensi terjadinya banjir diantaranya kabupaten musi rawas (mura), kabupten musi rawas utara (muratara), kabupaten musi banyuasin (muba), kabupaten banyuasin, kabupaten ogan komering ilir (oki) dan kabupaten ogan komering ulu (oku). “Untuk provinsi sumsel, kabupaten/kota yang rawan banjir hampir merata di seluruh kabupaten/kota yang ada,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, selain menyiagakan sarana dan prasarana pihaknya juga telah menyiagakan sumber daya manusia (SDM) dan juga logistik untuk mengantisipasi bencana banjir ini. “Untuk logistik sudah juga kita koordinasikan, bahkan disetiap kabupaten/kota sudah ada stok logistik ini,” ungkap iriansyah.

Iriansyah menambahkan, jika stok logistik di kabupaten/kota tidak mencukupi maka pihak kabupaten/kota bisa menghubungi provinsi untuk mencukupi kebutuh logistik tersebut. “Kalau masih kurang maka kita juga bisa meminta bantuan ke pemerintah pusat. Dengan catatan bencana yang terjadi skala nasional dan sangat parah,” katanya.

editor : awan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

%d blogger menyukai ini: